Kamis, 24 Desember 2015

Sambutan 1 Muharam


Sambutan 1 Muharam
Penulis mencoba menyajikan Sambutan 1 Muharram di bawah ini. Muharram merupakan tahun baru umat Islam. Bulan Muharram adalah bulan yang pertama sekali di dalam kalender Islam (hijriyah).  Bulan Muharram ini merupakan titik awal dari kalender hijriyah. Jika penanggalan masehi diawali dengan Nabi Isa, a.s. para dai atau remaja dan remaji yang mengadakan kegiatan 1 Muharram di Kampusnya, sekolahnya, atau di rumahnya, serta di kampungnya, mungkin akan menyampaikan sepatah dua patah kata dalam rangka memperigati hari tahun baru hijriyah ini (Sabtu, 1 Muharram 1436 H=Sabtu, 25 Oktober 2014 M). Sambutan 1 Muharram ada di bawah ini:

Buah nanas buah lakum, diambil orang menggunaan galah dan jatuh, Assala mualaikum warohmatullahi wabarkatuhhhhh….
Auzubillahi minasyaitonirrozim, bismillahi rohmanirrohim,,,, robbis rohli sodri wayas sirli amri wahlul ukhdatan min lisani yafqohu qowli, ammaba’….

Yang terhormat Bapak Kepala Desa Pusaka Kecamatan Tebas,
Yang terhormat Bapak Kepala Dusun Sekadim Desa Pusaka Kecamatan Tebas,
Yang terhormat Bapak Kepala Kantor Urusan Agama Kecamatan Tebas atau yang mewakili.
Lebih khusus lagi, bapak Penceramah yaitu bapak Ustaz Sugianto, S.Pd.I dari Kota Singkawang, beliau ini adalah seorang dosen di salah satu perguruan tinggi yang ada di Kota Malang, yaitu IAIN Malang.
Bapak-bapak haji beserta ibu haji.
Tokoh masyarakat Desa Pusaka dan Para jama’ah masjid Jami’ Dusun Sekadim yang dirahmati oleh Allah swt.

Bapak/ibu para kaum muslimin dan muslimat yang dirahmati oleh Allah SWT dan yang berbahagia. Marilah kita bersama-sama mengucapkan atau memanjatkan puji dan syukur kita kehadirat Allah Subhanahu Wata’ala yang mana kita pada hari ini, dapat melaksanakan suatu kegiatan yang amat penting dalam sejarah kebangkitan umat Islam di dunia, yaitu 1 Muharram. 1 Muharram ini merupakan tahun hijrah, dengan hjrahnya Rasulullah-lah agama Islam menjadi besar dan tersebar di seluruh dunia. Karena agama Islam ini adalah agamanya Allah. Allah Subhanahu Wata’ala berfirman di dalam Al-Quran yang berbunyi “Innad dina indallah hil islam”, dan artinya “sesungguhnya agama disisi Allah itu adalah agama Islam”. (maaf penulis lupa surah dan ayat berapa).

Bapak-ibu yang berbahagia, pada hari ini kita kedatangan penceramah yang sangat kondang dan tidak asing lagi bagi kita, yang namanya juga tidak kalah populer dengan ustadz-ustadz yang lainnya seperti ustadz Maulana, UJ, Mansyur, AA Gym, dan yang lainnya, yaitu ustadz Sugianto, S.Pd.I. sengaja beliau datang dari Malang, pulang ke Singkawang, kemudian ia akan memberikan tausiahnya mengenai keajaiban atau keistimewaan dari 1 Muharram ini.   

Para jamaah yang berbahagia, untuk lebih jelasnya mengenai fadilah bulan Muharran atau tahun baru ini bagi kita semua, nanti Pak Ustaz yang akan menerangkannya secara detail, dengan ini saya akhiri Sambutan saya, selaku ketua Panitia hari besar Islam Masjid Jami’ Dusun Sekadim, Desa Pusaka, Kecamatan Tebas, akhir kata, wabillahi taufiq walhidayah summas salamualaikum warahmatullahi wabar katuhhhhhhhhhh.... 

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...