Do’a Untuk Acara Ulang Tahun Anak
Di bawah ini penulis sajikan do’a untuk acara ulang tahun anak. Setiap anak yang lahir ke dunia ini adalah suci, sebagaimana Rasululah SAW pernah bersabda. Dan pula do’a ini merupakan senjata dari orang-orang mukmin (Islam). Maka dari itu marilah kita berdo’a menurut agama dan kepercayaannya masing-masing dalam acara ulang tahun anak kita yang tercinta. Agar anak kita nantnya menjadi anak yang sholeh, anak yang berbakti kepada kedua orang tuanya, anak yang berbakti kepada agama, bangsa dan negaranya, serta anak yang bisa dibanggakan oleh kedua orang tuanya, oleh agamanya, dan oleh negaranya. Maka dari itu,kita harus senantiasa berdo’a kepada Tuhan yang Maha Esa (Allah Sang Pencipta) sebagaimana firmaNya dalam Al-Quran surah Al Mu'min ayat 60 yang artinya “Dan Tuhanmu berfirman: "Berdo’alah kepada-Ku, niscaya akan Kuperkenankan bagimu. Sesungguhnya orang-orang yang menyombongkan diri dari menyembah-Ku[1326] akan masuk neraka Jahannam dalam keadaan hina dina." (QS. Al-Mu’min: 60). Keterangan: [1326]. Yang dimaksud dengan menyembah-Ku di sini ialah berdoa kepada-Ku.

Namun perlu juga kita ingat atau harus kita perhatikan, jika kita berdo’a kepada Tuhan, maka hendaknya dengan suara yang lembut dan sopan, sebagaimana firmanNya dalam surah Al A'raaf ayat 55-56 yang artinya “Berdo’alah kepada Tuhanmu dengan berendah diri dan suara yang lembut. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang melampaui batas[549]. Dan janganlah kamu membuat kerusakan di muka bumi, sesudah (Allah) memperbaikinya dan berdo’alah kepada-Nya dengan rasa takut (tidak akan diterima) dan harapan (akan dikabulkan). Sesungguhnya rahmat Allah amat dekat kepada orang-orang yang berbuat baik” (QS. Al A'raaf: 55-56). Keterangannya: [549]. Maksudnya: melampaui batas tentang yang diminta dan cara meminta.

Mengenai judul di atas, sebagaimana yang pernah penulis lakukan, karena penulis diundang dalam acara “ulang tahun anak” dan diminta untuk berdo’a untuk anak yang ulang tahun tersebut, maka do’anya seperti ini:

“Allahumma sholli ‘ala saydina Muhammadin, Fil awwali nawal azirina wa sallim, warodiyallah tabarokta ‘ala ansada tina azhabi saydina Rasulullah azmain. Ya Allah Yang Maha Pengasih, kami bersyukur kepada-Mu, karena pada hari ini kami dapat berkumpul di rumah Bapak Sapari dan Ibu Juraida dalam rangka acara ulang tahun anaknya yang ke sepuluh yaitu adik kami “sugianto”. Ya Allah, berikanlah kepandaian,kepintaran, kecerdasan, kelebihan kepada Sugianto, agar adik kami menjadi manusia yang berguna bagi agama, bangsa dan negaranya, serta berbakti kepada kedua orang tuanya, menjadi anak yang sholeh, menjadi anak yang dermawan, menjadi pejabat yang bijaksana, demi kemajuan Indonesia ini. Ya Allah, limpahkanlah rahmatMu, nikmatMu kepada kami semua, khususnya kepada ahli baiti, yaitu bapak saparai dan ibu juraida sekeluarga. Ya Allah cucurilah rahmat dan nikmatMu pada kami semua, jauhkanlah kami dari bala dan mala petaka di Negara kami ini. Ya Allah, bimbinglah anak kami Sugianto ini, agar ia dapat mencapai cita-citanya, udahlanlah urusannya, agar ia menjadi sukses di dunia dan diakhirat. Ya Allah, ampunkanlah dosa kami, dosa kedua orang tua kami, kasihanilah kami, dan kasinanilah kedua orang tua kami, lebih dari mereka mengashi kami. Rabbana atinia fiddunya hasanah, wafil ahiro tihasanah, waqina azabannnar, amin ya rabbal alamin”.

Nah, itulah do’a yang penulis baca pada saat ulang tahun sugianto (contoh misalnya), semoga sukses…
Share To:

ANTS EDUCATION

Post A Comment:

0 comments so far,add yours