7 Khasiat Dari Air Zam Zam

Air adalah kehidupan, kita tidak akan bias hidup tanpa air. Perlu kita ketahui bahwa kita (manusia) hidup atau tercipta karena air (air mani laki-laki dan air mani perempuan yang disebut sperma dan indung telur) yang tertumpah atau tercurah di dalam rahim yang kokoh. Sebagaimana firman Allah SWT. Dalam Al-Quran surah Al Qiyaamah ayat 37-40 yang artinya “37. Bukankah Dia dahulu setetes mani yang ditumpahkan (ke dalam rahim), 38. kemudian mani itu menjadi segumpal darah, lalu Allah menciptakannya, dan menyempurnakannya, 39. lalu Allah menjadikan daripadanya sepasang: laki-laki dan perempuan. 40. Bukankah (Allah yang berbuat) demikian berkuasa (pula) menghidupkan orang mati? (QS. Al-Qiyaamah: 37-40).

Disamping Allah menciptakan yang namanya air mani, ada pula yang paling hebat, yaitu air zam-zam. Banyak orang yang mengetahui yang namanya air zam-zam itu, tapi apakah mereka mengetahui apa arti dari zam-zam itu? Kata “zam-zam” artinya adalah dalam bahasa Arab berarti, yang banyak atau melimpah. Adapun air Zam-Zam yang dimaksud oleh syari'at, yaitu air yang berasal dari sumur Zam-Zam. Letaknya dengan Ka'bah, berjarak sekitar 38 hasta. Banyak orang yang pergi haji atau umrah, semuanya membawa air zam-za buat oleh-oleh di kampung. Tapi apakah mereka mengetahui khasiat dari air zam-zam ini? Namun sebelumnya perlu juga diketahui bahwa “Telah terdapat beberapa hadits shahih yang menjelaskan mengenai kemuliaan air zam-zam dan keberkahannya”. Di bawah ini akan kami sampaikan 7 khasiat dari air zam-zam ini, mari kita lihat sama-sama:

1.      Khasiat yang pertama dari air za-zam ini adalah dapat menghilangkan rasa lapar dan dahaga, karena air zam-zam ini dapat mengeyangkan. Sebagaimana terdapat di dalam sebuah hadits shahih, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam menyebut air zam-zam, “INNAHA MUBAROKATAN INNAHA TO ‘AMUN THU’IN” yang artinya “Sesungguhnya air zam-zam adalah air yang diberkahi, air tersebut adalah makanan yang mengenyangkan.”
2.      Khasiat yang kedua dari air za-zam ini adalah sebagai obat dari penyakit. Sebagaimana yang terdapat di dalam sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Abu Daud (Ath Thoyalisiy) dengan sanad jayyid (bagus) bahwa Nabi Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam mengatakan: “WASYIFAUN SUQ-MIN” artinya “Air zam-zam adalah obat dari rasa sakit (obat penyakit)”. Karena air zam-zam ini adalah air yang penuh keberkahan.
3.       Air zam-zam juga bisa digunakan untuk berwudhu. Air zam-zam juga bisa digunakan untuk beristinja’ (membersihkan kotoran setelah buang air,).
4.      Air za-zam juga bisa digunakan untuk mandi junub jika memang ada kebutuhan untuk menggunakannya. Air zam-zam ini disyari’atkan untuk dinikmati jika memang mudah didapatkan sebagaimana yang dilakukan oleh Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam. Makanya setiap orang dating dari haji membawa air zam-zam ini buat saudara atau tetangganya.
5.      khasiat yang kelima adalah sebagai obat atau penawar dari penyakit. Sebagaimana hadits Nabi yang artinya “Sebaik-baik air di muka bumi adalah air zam-zam. Air tersebut bisa menjadi makanan yang mengenyangkan dan bisa sebagai obat penyakit”.
6.      air zam-zam ini bisa menyembuhkan penyakit. Sampai-sampai sebagian pakar fiqih menganjurkan agar berbekal dengan air zam-zam ketika pulang dari tanah suci untuk menyembuhkan orang yang sakit. Sebagaimana yang Diriwayatkan dari Abu Kuraib dan lain-lain yang artinya “Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam pernah membawa air zam-zam dalam botol atau tempat air. Ada orang yang tertimpa sakit, kemudian beliau menyembuhkannya dengan air zam-zam”.
7.      Khasiat yang ketujuh dari air zam-zam ini adalah untuk di ijabahnya do’a. Do’a bisa terkabulkan melalui keberkahan air zam-zam. Air zam-zam ini dapat mengakibatkan terkabulnya sebuah do’a Sebagaimana hal ini terdapat dalam hadits, dari Ibnu ‘Abbas radhiyallahu ‘anhuma, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “ma-u jam jama lima syuriba lahu” yang artinya “Air zam-zam sesuai keinginan ketika meminumnya.

Itulah khasiat 7 dari air zam-zam dan banyak lagi khasiat yang lainnya. Semoga artikel kami bermanfaat buat kita semua. Amin ya rabbal alamin.
Share To:

Unknown

Post A Comment:

0 comments so far,add yours