Bacaan Mandi Wajib Anak Smp Yang Perempuan

Istilah anak sekarang banyak menyebut yang namanya ABG. ABG dengan kata lain “anak baru gede” atau “anak yang baru tumbuh besar”. Anak yang baru gede diperkirakan pada usianya 12-13 tahun baru mengalami haid yang pertama di sebut minarche. Anak yang baru gede itu yang mengalami haid pertama (minarche), perlu bimbingan dari orang tuanya (khususnya ibu). Seorang ibu haruslah lebih dekat dengan anak perempuannya agar apa-apa hal dalam masalah kewanitaan seorang anak akan curhat kepada ibunya. Misalnya masalah haid, darah haid, cowok, atau masalah sek. Anak yang baru gede itu pastinya sudah mengenal sek dan akan mengenal sek.

Ketika anak perempuan haid yang pertama, orang tua perepuan harus mengajari anaknya bagaimana bacaan mandi wajib, bagaimana merawat vagina, bagaimana cara membersihkan vagina, apa yang harus dilakukan dengan vagina agar terhindar dari keputihan, dan menjelaskan kepada anak tersebut jangan melakukan sek sebelum nikah, dan jika terlanjur melakukan sek, gunakanlah alat kontrasepsi (kondom dan sejenisnya), agar tidak hamil atau tertular penyakit kelamin atau pula AIDS. Karena AIDS itu penyakit yang ditakuti yang membawa pada kematian. Siapa sih yang mau mati secepat itu, jika masih belum menikmati enaknya surga dunia.

Anak pada usis SMP hanya ingin serba tahu dan enaknya saja. Jika mereka sudah keenakkan maka mereka akan melakukan hal-hal diluar batas orang dewasa. Maka dari itu peranan orang tualah yang paling utama. Soalnya lingkungan kita saat ini sudah semakin rusak dan berbahaya bagi anak-anak kita. Saat ini peran orang tua menjadi sakit, jika dituruti kemauan anak, anak semakin jauh perjalanannya, anak semakin ngelunjak. Akan tetapi, jika tidak dituruti, maka anak akan ketinggalan zaman, kampungan, norak, dan lain sebagainya. Disekolah pelajaran agama Islam sangat minim, waktu yang diberikan hanya sedikit, dan pula tidak ada pelajaran yang menyangkut mandi wajib, yang ada hanya bersuci, wuduk dan tayamun. Sedangkan bacaan mandi wajib bagi anak perempuan tidak ada.

Bacaan yang dibaca untuk mandi wajib anak SMP yang perempuan adalah sebagai berikut;  “nawaitu rusla liraf-‘il hadasil akbarian jami-‘il badani likhurujil maniyyi minal janabati fardolillahi ta’ala. Artinya aku berniat mandi untuk menghilangkan hadats besar dari seluruh tubuhku karena keluar mani dari jinabat fardu karena Allah Ta’ala”. Do’a ini atau bacaan ini dibaca sebelum mandi, ini adalah niatnya, setelah itu basahi tubuh keseluruhannya, jika ingin keramas juga bisa. Untuk adat atau tradisi dari suku Melayu Sambas yang penulis ketahui, jika mereka ingin mandi wajib baik laki-laki atau perempuan, mereka akan menggunakan kasai langgir. Kasai langgir ini terbuat dari beras, dicampur langgir, daun pandan yang diiris-iris, atau bunga kenanga, kemudian bahan-bahan itu dipipis hingga lumat, dan diberi kunyit sedikit agar kuning. Setelah sebati lalu dijemur hingga kering, setelah kering gunakan untuk mandi sebagai lulur keseluruh tubuh, khasiatnya juga bisa menghaluskan kulit anda, karena terbuat dari beras. Lagi pula tubuh anda akan menjadi wangi, sebagai menghilangkan bau badan.

Mulai sekarang sejak dinilah kita mendidik anak kita agar tau akan bacaan mandi wajib, baik anak laki-laki atau anak perempuan. Karena anak ini adalah amanah dari Allah Subhanahu Wata’ala. Anak kita harus kita bekali dengan ilmu, karena dengan ilmu itu ia akan mendapatkan harta dan kebahagiaan, jika kita bekali dengan harta, maka harta itu akan habis, tidak ada lagi yang akan tersisa.
Share To:

Unknown

Post A Comment:

0 comments so far,add yours