Bacaan Mandi Wajib Anak Sma Yang Perempuan

Perempuan merupakan makhluk yang terindah, bahkan bang Haji Rhoma Irama mengatakan bahwa “setiap ke indahan, di dalam dunia, hanya istri saleha, istri yang shaleha”. Nah, seorang istri adalah seorang perempuan. Jadi perhiasan yang paling indah adalah “perempuan”. Dan perempuan pula sangat diistimewakan oleh Allah Swt, begitu juga Rasulullah SAW. Rasulullah SAW., mengatakan bahwa “ibumu, ibumu, ibumu” setelah itu baru “bapakmu”. Ibu merupakan “perempuan”. Dan nama perempuan juga diabadikan di dalam Al-Quran yaitu surah An-Nisaa’ (perempuan).

Perempuan apabila ia haid atau nifas diberi keringanan oleh Allah agar tidak melaksanakan puasa. Dibolehkan seorang wanita jika haid atau nifas meninggalkan (berbuka) puasa, dengan syarat nanti setelah selesai maka dibayarlah puasa tersebut pada bulan yang lain. “Tuhan sayang lebih” kata kak Ros bilang ke Upin dan Ipin masalah “palang merah” ini atau “tamu yang tidak diundang”. Selama satu minggu seoerang wanita atau gadis normalnya mengalami haid. Sedangkan haid ini merupakan suatu yang wajib bagi seorang gadis. Kenapa begitu? Karena setiap bulannya pasti ia akan datang, jika ia tidak datang, maka hati-hatilah, perlu dicurigai itu. Apakah main serong, atau penyakit.

Perhatikan Firman Allah Subhanahu Wata’ala dalam Al-Quran surah Al-Baqarah ayat 222 yang artinya “Mereka bertanya kepadamu tentang haidh. Katakanlah: "Haidh itu adalah suatu kotoran." Oleh sebab itu hendaklah kamu menjauhkan diri[137] dari wanita di waktu haidh; dan janganlah kamu mendekati mereka, sebelum mereka suci[138]. Apabila mereka telah suci, maka campurilah mereka itu di tempat yang diperintahkan Allah kepadamu. Sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang bertaubat dan menyukai orang-orang yang mensucikan diri” (QS. Al Baqarah: 222). Keterangan; [137]. Maksudnya menyetubuhi wanita di waktu haidh. [138]. Ialah sesudah mandi. Adapula yang menafsirkan sesudah berhenti darah keluar.

Perhatikan Firman Allah Subhanahu Wata’ala dalam Al-Quran surah Ali 'Imran ayat 42 yang artinya “Dan (ingatlah) ketika Malaikat (Jibril) berkata: "Hai Maryam, sesungguhnya Allah telah memilih kamu, mensucikan kamu dan melebihkan kamu atas segala wanita di dunia (yang semasa dengan kamu)” (QS. Ali 'Imran: 42).

Berdasarkan beberapa ayat di atas dan banyak lagi ayat-ayat lain yang membahas tentang wanita atau perempuan, sudah jelas bahwa perempuan itu sangat istimewa. Akan tetapi jangan lupa, jika kamu haid atau nifas, atau keluar mani, maka hendaknya bersuci, jika tidak bersuci, maka tidak boleh disentuh, jika disentuh “haram” hukumnya. Dan pula tidak boleh untuk sholat. Lalu apa bacaannya mandi wajib bagi anak SMA? Bacaannya adalah sebagai berikut;  Do’a mandi wajib “nawaitu rusla liraf-‘il hadasil akbarian jami-‘il badani likhurujil maniyyi minal janabati fardolillahi ta’ala. Artinya aku berniat mandi untuk menghilangkan hadats besar dari seluruh tubuhku karena keluar mani dari jinabat fardu karena Allah Ta’ala”.     

Keterangan: bacaan mandi wajib bagi laki-laki atau perempuan itu sama saja, jika ada mantranya dalam bahasa daerah masing-masing juga tidak apa, yang penting niatnya, dan baca do’a di atas, jangan lupa baca basmalah dan shalawat, agar kita selamat dunia dan akhirat. Amin Ya Rabbal Alamin.

Share To:

Unknown

Post A Comment:

0 comments so far,add yours