Komunitas Disabel Indonesia

Manusia adalah makhluk yang sempurna dari makhluk ciptaan Allah yang lainnya. Sebagaimana firman Allah Swt. dalam surah Al-Qiyaamah ayat 36-38 yang artinya “(36). Apakah manusia mengira, bahwa ia akan dibiarkan begitu saja (tanpa pertanggung jawaban)? (37). Bukankah Dia dahulu setetes mani yang ditumpahkan (ke dalam rahim), (38). kemudian mani itu menjadi segumpal darah, lalu Allah menciptakannya, dan menyempurnakannya” (QS. Al Qiyaamah: 36-38).

Dari sekalian banyaknya manusia, ada manusia yang diciptakan paling istimewa diantara manusia yang lainnya yang disebut “maaf” cacat atau disabilitas. Mereka terlahir dengan beberapa kekurangan, misalnya bisu, sumbing, polio, lumpuh, dan lain sebagainya. Ada pula yang cacat setelah lahir yang terserang demam panas, step, tipes, tabrakan, jatuh, dan lain sebagainya. Andai kita ketahui bahwa mereka tidak pernah meminta cacat atau kekurangan dari sejak lahir ataupun setelah lahir.  


Orang yang lahir dengan cacat atau sudah lahir menjadi cacat karena beberapa sebab disebut “penyandang cacat”. Penyandang cacat adalah setiap orang yang mempunyai kelainan fisik dan/atau mental, yang dapat mengganggu atau merupakan rintangan dan hambatan baginya untuk melakukan secara selayaknya. Yang disebut penyandang cacat  itu adalah:
a.       Penyandang cacat fisik;
b.      Penyandang cacat mental;
c.       Penyandang cacat fisik dan mental;

Mengenai penyandang cacat ini sudah diatur di dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 4 Tahun 1997, yaitu tentang Penyandang Cacat. Dengan banyaknya orang-orang cacat yang ada maka dengan ini saya mendirikan “Komunitas Disabel Indonesia” untuk menyatukan visi dan misi membangun Indonesia ini dan memajukan diri sendiri dengan skiil yang dimiliki, serta menyuarakan inspirasi kepada pemerintah agar “penyandang cacat” ini juga diperdulikan dan dihargai dan bukan dipandang sebelah mata. Tidak hanya penyandang cacat, orang miskin juga diperlakukan sama. Jika ingin gabung bersaa kami juga boleh.   

Maksud atau arti dari kata Disabilitas atau Cacat (dalam bahasa Inggris disability) dapat bersifat fisik, kognitif, mental, sensorik, emosional, perkembangan atau beberapa kombinasi dari ini. Beberapa penyandang cacat diantaranya ialah: 

  1. tipe A (Tuna Netra) Jenis Disabilitas Fisik : tidak dapat melihat (buta).
  2. tipe B (Tuna Rungu) Jenis Disabilitas Fisik : tidak dapat mendengar dan/kurang dalam mendengar (tuli).
  3. tipe C (Tuna Wicara) Jenis Disabilitas Fisik : tidak dapat berbicara (bisu).
  4. tipe D (Tuna Daksa) Jenis Disabilitas Fisik : cacat tubuh.
  5. tipe E1 (Tuna Laras) Jenis Disabilitas Fisik : cacat suara dan nada.
  6. tipe E2 (Tuna Laras) Jenis Disabilitas Mental : sukar mengendalikan emosi dan social.
  7. tipe F (Tuna Grahita) Jenis Disabilitas Mental : cacat pikiran, lemah daya tangkap.
  8. tipe G (Tuna Ganda) Jenis Disabilitas Ganda : penderita cacat lebih dari satu kecacatan.
Jadi gabung saja di www.cakrawawasan.com
Komunitas Disabel Indonesia atau orang-orang cacat Indonesia. Kita bersatu dalam satu wadah “PARTAI DISABEL KEBANGKITAN INDONESIA” yang sudah didirikan di Singkawang pada hari Selasa tanggal 29 April 2014 jam 09.00 oleh Sugianto, S.Pd.I.
Share To:

ANTS EDUCATION

Post A Comment:

0 comments so far,add yours