Bangsa Indonesia adalah bangsa yang besar dan majemuk, terdiri dari berbagai suku, bangsa, budaya, agama dan adat istiadat. Kemajemukan itu


Ketua MABM Kab. Sambas
Kata Sambutan Ketua MABM Kab. Sambas dalam Pantun Melayu 
SAMBUTAN KETUA MAJELIS ADAT BUDAYA MELAYU
KABUPATEN SAMBAS DALAM RANGKA
PENERBITAN BUKU KUMPULAN PANTUN MELAYU
ACARA WALIMATUL URUS
(Pesta Perkawinan/Pernikahan)

Bangsa Indonesia adalah bangsa yang besar dan majemuk, terdiri dari berbagai suku, bangsa, budaya, agama dan adat istiadat. Kemajemukan itu merupakan kekayaan sekaligus kekuatan maupun tantangan bagi bangsa ini. Tantangan yang sangat terasa ketika bangsa membutuhkan kebersamaan dan persatuan dalam menghadapi dinamika global yang intensif menyentuh masyarakat sebagai akibat keterbukaan informasi.

Dalam sejarah perjalanan bangsa tidak dipungkiri bahwa yang menjadi perekat dan pengikat kerukunan bangsa adalah nilai-nilai yang tumbuh, hidup dan berkembang dalam kehidupan masyarakat. Nilai-nilai tersebut telah menjadi pendorong untuk mencapai tujuan yang dicita-citakan bersama. Begitu pula dalam halnya setiap acara pernikahan atau acara walimatu urus dieratkan dengan sebuah tradisi pantun atau berbalas pantun. Dari pihak pengantin laki-laki atau perempuan pasti akan menyediakan satu atau dua bait pantun sebagai pemanis acara tersebut.

Dengan hadirnya buku kecil ini dimasyarakat sedikit banyak akan membantu dalam hal berpantun pada saat acara walimatul urus atau pada acara lainnya. Buku kecil ini juga merupakan bagian dari sebuah khazanah guna membekali peserta didik atau masyarakat untuk mengetahui pantun melayu dalam acara perkawinan (walimatul urus).

Harapan kami selaku Ketua Majelis Adat Budaya Melayu Kabupaten Sambas, semoga buku ini bermanfaat pada anak-anak didik dan masyarakat luas pada umumnya.


                                                                                                  Sambas, 1 Januari 2017
                                                                                       Ketua Majelis Adat Budaya Melayu
                                                                                                   Kabupaten Sambas



                                                                                              H. Ir. Buhanudin A. Rasyid


Share To:

ANTS EDUCATION

Post A Comment:

0 comments so far,add yours