7 Khasiat Dari Zakat Fitrah

Alhamdulillahi robbil’alamin, sekarang sebentar lagi kita akan meninggalkan perang yang amat besar ini. Banyak orang yang tidak mampu untuk melawan atau memerangi dirinya sendiri. Penulis juga merasakan hal yang sama, begitu berat diri kita melawan diri kita sendiri. Perang yang amat besar ini telah dikatakan oleh Rasulullah Saw., dalam suatu riwayat telah disebutkan bahwa; Jabir telah datang kepada Rasulullah SAW. Ia berkata, “Orang-orang yang baru berperang? Maka Rasulullah SAW berkata, “Kalian datang dengan sebaik-baik kedatangan, kalian datang dari jihad kecil menuju jihad besar.” Mereka bertanya, “Apakah jihad besar itu?” Beliau menjawab, “Jihadnya seorang hamba melawan hawa nafsunya.

Berdasarkan hadits di atas bahwa, bulan Ramadhan ini adalah bulan untukmemerangi hawa nafsu kita, selain dari kita mebahan lapar dan dahaga. Nafsu apa yang harus kita lawan itu di bulan Ramadhan ini? Banyak sekali yang harus kita tahan di bulan Ramadhan ini, selain dari nafsu lapar dan dahaga, apa misalnya? Misalnya adalah; nafsu sek, nafsu marah, ingin berbuat jahat, ingin korupsi, ingin melakukan pelecehan, menggunjing orang dan lain sebagainya. Itulah nafsu yang dilarang.

Bagaimana jika nafsu-nafsu itu tidak bisa kita kendalikan? Kita masih melakukan banyak kesalahan, misalnya menggunjingkan orang (menggosip) di warung kopi atau di rumah tetangga, memfitnah, korupsi (sedikit), pelecehan, dan lain-lainnya.

Apakah pahala kita akan terhapus atau berkurang? Mengenai pahala tentang puasa, hanya Allah lah yang mengetahuinya, Allah lah yang memberi kita pahala tentang puasa itu, sebagaimana hadits yang diucapkan oleh Nabi Muhammad Saw., yang artinya “

Lalu bagaimana hubungannya dengan judul di atas? Hubungannya adalah karena dengan zakat fitrah dapat membersihkan hati dan dosa kita yang telah kita lakukan selama bulan Ramadhan. Selain itu juga terdapat 7 Khasiat Dari Zakat Fitrah, diantaranya ialah;
  1. Saling berbagi dengan orang lain.
Ambillah zakat dari sebagian harta mereka, dengan zakat itu kamu membersihkan[658] dan mensucikan[659] mereka dan mendoalah untuk mereka. Sesungguhnya doa kamu itu (menjadi) ketenteraman jiwa bagi mereka. Dan Allah Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui.
[658]. Maksudnya: zakat itu membersihkan mereka dari kekikiran dan cinta yang berlebih-lebihan kepada harta benda”. (At Taubah: 103).

Keterangan: [659]. Maksudnya: zakat itu menyuburkan sifat-sifat kebaikan dalam hati mereka dan memperkembangkan harta benda mereka.
  1. Meringankan beban orang lain.
  2. Menyantuni orang lain.
  3. Membersihkan harta kita dari riba’.
  4. agar rezeki kita semakin berkah dan bertambah.
  5. orang-orang semakin sayang dan dekat.
  6. orang semakin sayaing dan mengasihi kita.


Share To:

Unknown

Post A Comment:

0 comments so far,add yours