7 Khasiat Dari Air Wuduk

Wuduk atau al-wudu’ adalah salah satu cara mensucikan anggota tubuh atau badan dengan air yang bersih dan tidak berbau. Seorang muslim akan diwajibkan bersuci (wuduk atau tayamum) setiap kali akan mengerjakan atau ingin melaksanakan sholat. Jika tidak ada air, berwuduk bisa juga menggunakan debu yang disebut dengan tayamum. Tatacara wuduk dan tayamum itu berbeda.

Mengenai hal wuduk atau tayamum dalam al-quran surah al-maidah ayat 6 telah diterangkan yang artinya “Hai orang-orang yang beriman, apabila kamu hendak mengerjakan shalat, maka basuhlah mukamu dan tanganmu sampai dengan siku, dan sapulah kepalamu dan (basuh) kakimu sampai dengan kedua mata kaki, dan jika kamu junub maka mandilah, dan jika kamu sakit[403] atau dalam perjalanan atau kembali dari tempat buang air (kakus) atau menyentuh[404] perempuan, lalu kamu tidak memperoleh air, maka bertayammumlah dengan tanah yang baik (bersih); sapulah mukamu dan tanganmu dengan tanah itu. Allah tidak hendak menyulitkan kamu, tetapi Dia hendak membersihkan kamu dan menyempurnakan nikmat-Nya bagimu, supaya kamu bersyukur” (QS. Al-Maa'idah: 6).

Keterangan: [403]. Maksudnya: sakit yang tidak boleh kena air. [404]. Artinya: menyentuh. Menurut jumhur ialah: menyentuh sedang sebagian mufassirin ialah: menyetubuhi.

Andaikan kita mengetahui khasiat atau fadilah dari wuduk ini, tentunya kita akan senantiasa berwuduk. Wuduk bukan hanya dilakukan ketika ingin sholat saja. Wuduk boleh saja dilakukan pada saat selesai mandi, mau pergi sekolah atau bekerja, mau tidur. Jika seseorang berwuduk ketika ingin tidur, maka dua malaikat akan senantiasa menjaga tidurnya hingga ke pagi (hingga ia terbangun). Malaikat akan menjaganya dari gangguan setan atau jin atau pula santet yang dikirim oleh orang-orang yang dengki iri hati.

Wuduk ini sangat mudah dan ringan, kita jangan merasa terbebani dengan wuduk ini, sebenarnya Allah tidak bermaksud untuk menyulitkan hamba-hambanya, akan tetapi Dia hendak membersihkan kita semua dan menyempurnakan nikmat-Nya kepada kita, agar kita semua bersyukur kepada-Nya. Fadhilah atau khasiat dari wuduk ini ada tujuh yang penulis ketahui, dan mungkin masih banyak lagi yang lainnya, mari kita lihat di bawah ini:
  1. Menghilangkan jerawat. Dengan wuduk dapat menghilangkan jerawat, meskipun tidak hilang semuanya. Dapat mengurangilah, dengan alasan wajah kita senantiasa bersih. Karena wuduk membersihkan muka dan sekitarnya.
  2. Mencerahkan atau membersihkan wajah. Wuduk juga dapat mencerahkan wajah, karena wajah kita bersinar, kelak dihari kiamat wuduk ini adalah pengenal dari umat Nabi Muhammad, karena wuduk ini awal dari permulaan hendak sholat. 
  3. Awet muda. Wuduk juga dapat mengawetmudakan kita, karena kita selalu menjaga kesehatan dan kesegaran tubuh.
  4. Segar.
  5. Lima sungai yang selalu mengalir di depan rumah.
  6. Penghapus dosa kecil dan pengangkat derajat.
  7. Peninding badan (penjaga badan dari sihir).
Itulah 7 khasiat dari air wuduk atau berwuduk, semoga bermanfaat buat kita semua. Amin.
Share To:

ANTS EDUCATION

Post A Comment:

0 comments so far,add yours