7 Keunikan Dari Pohon Padi

http://id.wikipedia.org/wiki/Berkas
Secara umum makanan pokok bangsa Indonesia adalah nasi. Namun ada dari beberapa provinsi yang mengkonsumsi sagu atau ubi kayu. Secara umumnya yang pasti adalah nasi. Sedangkan nasi berasal dari padi. Padi adalah (merupakan) salah satu tanaman budidaya yang sangat penting dalam peradaban manusia. Padi sangat dibutuhkan untuk kebutuhan manusia sekarang dan yang akan datang. Padi selain di tanam oleh petani, ada juga yang namanya padi liar. Padi ini diduga berasal dari India atau Indocina. Setelah itu padi masuk ke Indonesia dibawa oleh nenek moyang kita yang telah mikgrasi dari Asia sekitar 1.500 tahun Sebelum Masehi (SM) yang lalu.

Firman Allah SWT dalam Al-Quran surah Al Baqarah ayat 261 yang artinya “Perumpamaan (nafkah yang dikeluarkan oleh) orang-orang yang menafkahkan hartanya di jalan Allah[166] adalah serupa dengan sebutir benih yang menumbuhkan tujuh bulir, pada tiap-tiap bulir seratus biji. Allah melipat gandakan (ganjaran) bagi siapa yang Dia kehendaki. Dan Allah Maha Luas (karunia-Nya) lagi Maha Mengetahui” (QS. Al Baqarah: 261).
Keterangan: [166]. Pengertian menafkahkan harta di jalan Allah meliputi belanja untuk kepentingan jihad, pembangunan perguruan, rumah sakit, usaha penyelidikan ilmiah dan lain-lain.
1.      beranak dulu sebelum bunting.
2.      bunting bukan keluar anak.
3.      semakin berisi (buah) semakin tunduk.
4.      satu biji bisa menjadi 10 batang.
5.      padi berasal dari seorang dewi (Dewi Sri).
6.      padi dapat tumbuh di mana-mana.
7.      padi melebihi tinggi dari manusia.
Apakah anda (saudara) mengetahui tentang padi ini? Sebenarnya padi termasuk dalam suku padi-padian atau poaceae. Padi ini selain menjadi sumber makanan pokok manusia di Indonesia juga sangat diminati oleh makhluk yang lainnya seperti burung pipit dan tikus. Burung pipit dan tikus menjadi musuh nyata bagi masyarakat atau para petani. Andai kita ketahui bahwa padi ini banyak jenis-jenisnya diantaranya;
  1. padi gogo. Dieberapa daerah tadah hujan ada yang mengembangkan padi gogo ini. Padi gogo ini menggunakan model tanam tumpang sari dengan tanaman yang lainnya. Padi gogo biasanya ditumpangkan dengan tanaman jagung atau ketela pohon.
  2. padi rawa. Padi rawa ini sering disebut juga dengan padi pasang surut karena dibudidayakan di daerah rawa-rawa. Biasanya padi rawa ini ditanam di Kalimantan dan ada juga di Lembang Sungai Gangga (India).
  3. padi pera. Padi pera adalah padi dengan kadar amilosa pada pati lebih dari 20% pada berasnya. Padi pera ini sebagian besar masyarakat kita menyukai jenis padi ini.
  4. padi ketan. Padi ketan atau nama lainnya sticky rive, terdiri dari dua jenis yaitu putih dan merah.
  5. padi wangi. Setelah mengetahui namanya wangi pastinya harum bukan? Padi wangi atau harum (aromatic rice) dikembangkan orang dibeberapa tempat di Asia. Padi wangi ini yang paling terkenal adalah padi ras cianjur pandanwangi. Yang sekarang padi tersebut telah menjadi kultivar unggul dan rajalele.

Share To:

Unknown

Post A Comment:

0 comments so far,add yours