7 Keunikan Dari Pohon Kelapa

Jika bulan Ramadhan ini enak rasanya jika kita minum air kelapa. Haus seharian seketika hilang jika meminum air kelapa. Air kelapa ini mengandung zat gula yang bagus untuk kesehatan tubuh. Karena seharian mungkin banyak cairan tubuh kita yang berkurang. Apalagi jika melakukan aktivitas yang banyak, sehingga tubuh menjadi lemah. Jika kita jalan-jalan di pasar sore hari banyak sekali orang yang menjual air kelapa.

Pohon kelapa ini banyak sekali tumbuh di pesisir pantai, jika kita pergi ke pantai lagi nyantai paling enak minum air kelapa apalagi jika dengan pacar dan keluarga. Namun, apakah kita mengetahui bahwa ada 7 keunikan dari pohon kelapa tersebut. Apa dia, ayo kita lihat di bawah ini:

1.      Dapat tumbuh di mana-mana. Pohon kelapa ini tidak cerewet tumbuhnya, ia dapat tumbuh dimanapun kita menanamnya. Kelapa dapat tumbuh di daratan tinggi, di daratan rendah, di pantai, di kapal, dan di mana-mana.
2.      Semuanya bermanfaat. Apakah kita mengetahui bahwa seluruh dari bagian pohon kelapa itu bermanfaat? Misalnya akarnya untuk obat, batangnya untuk kayu, daunnya untuk ketupat, lidinya untuk sapu, airnya untuk minum, isinya untuk dimakan, batoknya untuk kerajinan tangan, sabutnya buat memanggang ikan atau kayu api, dan lain sebagainya.
3.      Air dapat masuk ke dalam buahnya. Buah kelapa mengandung air yang sangat bermanfaat bagi kita. Air kelapa ini megandung sarakosa dan glukosa. Anehnya atau uniknya dari mana airnya masuk?
4.      Bisa dibibitkan meskipun digantung. Jika bibit atau buah-buahan yang lain, ditanam baru bisa tumbuh, lain halnya dengan buah kelapa ini. Gantung saja buahnya di pohon jambu atau apa, beberapa hari kemudian (satu bulan atau apa), maka akan tumbuh (insya Allah).
5.      Batangnya bisa dimakan. Pohon kelapa ini batangnya bisa dimakan Mas, enak sekali jika dimasak lada. Tapi perlu diketahui, bukan batang yang paling bawah, batang yang paling atas (yang disebut pucuknya).
6.      Menjadi penawar racun. Keunikan dari pohon kelapa ini salah satunya adalah sebagai penawar racun. Apanya yang digunakan untuk penawar racun? Yang digunakan adalah airnya. Racun seperti apa yang dapat disembuhkan? Keracunan obat, keracunan makanan, keracunan atau mabuk.
7.      Banyak jenisnya. Sama dengan jenis tumbuhan lainnya, kelapa ini juga banyak sekali jenisnya, ada yang namanya kelapa manis, kelapa gading, kelapa hijau, kelapa kuning, kelapa hibrida, dan lain sebagainya.

Kelapa sangat digemari oleh orang-orang karena kenikmatan air serta isinya. Menanamnya juga sangat mudah. Hasil olahan dari air nira kelapa menjadi gula aren atau populernya disebut gula merah. Dan pula air nira dari kelapa dapat dijadikan tuak (minuman keras). Itulah 7 keunikan dari pohon kelapa. Semoga bermanfaat ya,,, terima kasih.
Share To:

Unknown

Post A Comment:

0 comments so far,add yours