7 Kerugian Menggunakan Facebook

Semua orang saat ini banyak sekali yang telah menggunakan facebook. Mulai dari anak Sd (dibawah umur) hingga anak kuliahan (dewasa) hingga pegawai (kelebihan umur). Jika mereka sudah menghadapi facebook orang lewat di depannya pun tidak ketahuan, begitu juga jika ditegurkan, tidakkedengaran, karena keasikan main facebookan dengan teman yang belum tentu dikenal dengan dekat, apalagi yang kenal dekat. Anak-anak kita (pelajar SD, SMP dan SMA) khususnya lagi sakit facebook, mereka harus diobati. Jika mereka sakit, apa obatnya untuk menyembuhkan mereka? Jika tidak diobati, apa jadinya negara kita ini?

Facebook ini adalah sebuah layanan jejaring sosial yang diluncurkan pada bulan Februari 2004, dimiliki dan dioperasionalan pleh Facebook, Inc. Entah apa tujuan pada awalnya, mungkin hanya untuk mencari teman, mencari saudara yang terpisah jauh dari kampung halaman, atau hanya sekedar mencari jodoh. Pada Pada September 2012[update], Facebook memiliki lebih dari satu miliar pengguna aktif, lebih dari separuhnya menggunakan telepon genggam tidak terkecuali penulis.

Setiap pengguna harus mendaftar sebelum dapat menggunakan situs ini. Dan pula setiap pengguna harus bijak jika tidak akan terjerumus ketindakan-tindakan yang tidak baik. Banyak kasus yang terjadi bahwa gara-gara facebook anak ABG melarikan diri dari rumah, dan banyak pula yang dijual, diculik, dan bahkan diperkosa. Setelah mereka mendaftar di dunia facebook itu, pengguna dapat membuat profil pribadnya yang cantik-cantik yang bagus-bagus sesuai dengan keingannya. Dan paling serunya lagi pengguna yang masih di bawah umur dapat menuliskan usianya menjadi cukup umur, dan yang lebih umur menjadi bawah umur (ABG).

Perlu diketahui oleh anak-anak bahwa facebook didirikan oleh Mark Zuckerberg bersama temannya yang tinggal sekamar. Mereka adalah seorang mahasiswa di Universitas Harvard, Eduardo Saverin, Andrew McCollum, Dustin Moskovitz dan Chris Hughes. Facebook ini yang mulai saya daftar tidak ada yang namanya iklan dewasa di sampingnya, kini banyak iklan dewasa yang bertaburan di samping kanan. Anak-anak Sd selalu saja melirik kearah iklan tersebut, dan akhirnya “membuka”. Mulailah mereka membayangkan dan membayangkan. Akhirnya, ya banyak yang kecolongan.
Jadi 7 kerugian dari menggunakan facebook ini adalah:

1.      pergaulan anak menjadi bebas.
2.      anak banyak melarikan diri.
3.      anak terpengaruh dengan orang lain.
4.      menjadikan anak bandel dengan orang tua.
5.      anak dewasa sebelum waktunya.
6.      anak akan terjun ke dunia yang bukan dunianya.
7.      kurangnya anak bergaul dengan anak kampung.

Nah, itulah 7 kerugian menggunakan facebook, tapi disamping kerugiannya ada pula keuntungannya. Hanya kitalah yang mengendalikannya. Contohnya “motor” jika kita gunakan untuk kebaikan maka baik pulalah hasilnya, jika kita gunakan untuk mencuri, maka buruk pulalah hasilnya.
Share To:

Unknown

Post A Comment:

0 comments so far,add yours