7 Hari Menjelang Hari Raya Islam Yang Unik

7 hari lagi menjelang hari raya Id, semua orang pada sibuk untuk membuat kue atau membereskan rumah. Para ibu-ibu banyak belanja ke pasar untuk membeli barang-barang dapur serta bahan-bahan untuk membuat kue. Baik itu kue kering atau pun kue basah. Di pasar banyak dipenuhi dengan jualan-jualan yang beraneka macam banyaknya. Tidak hanya umat Islam yang berjualan, bahkan orang Cina atau yang beragaa lain pun ikut berjualan. Akan tetapi banyak pula yang kita lihat, orang-orang dipasar itu, pada tidak puasa (tidak semuanya). Mereka enak sekali menyantap makanan yang sudah disajikan oleh pramusaji yang cantik dan manis itu.

Mengenai judul di atas, apa sih uniknya menjelang hari raya Id, baik hari raya Idul Fitri atau hari raya Idul Adha? Uniknya menurut saya adalah:
  1. pasar dipenuhi oleh berbagai suku dan agama apa aja ada di pasar.
  2. jika di bulan Ramadhan menjelang hari raya Id, banyak orang makan-makan dipasar dengan tidak malu sedikitpun.
  3. pakaian yang serba “wah” seksi terlihat yang sangat jarang terasa sesak di pasar raya.
  4. tua-muda, besar-kecil nimrum dipasar hanya sekedar lihat-lihat atau jalan-jalan saja pada sore hari sambil menunggu buka puasa. Jika bulan haji hanya sekedar untuk jajan atau belanja ini dan itu.
  5. kue banyak dijual dengan beraneka macam warna dan rupa serta harga. Semua itu dijual kepada konsumen sesuai dengan seleranya masing-masing. Mau yang murah atau pun yang mahal.
  6. uang banyak bertaburan dipasar, karena banyaknya TKI yang datang pulang kampung untuk menukar uang mereka dengan uang rupiah, misalnya uang ringgit ditukar dengan rupiah. Uang dolar dengan rupaih, uang dinar dengan rupiah, dan banyak lagi yang lainya.
  7. keunikan lain dari 7 hari menjelang hari raya Id adalah banyaknya orang menawarkan motor atau mobil dengan harga promo (murah) agar orang membeli atau mau mengkridit motor serta mobil.

Itulah 7 keunikan yang ada di pasar pada saat 7 hari menjelang lebaran. Apakah kita juga pernah merasakan hal yang sama jika kita pergi ke pasar? Mungkin kita juga akan ikut berbuka pada saat di pasar? Mengapa? Karena begitu banyaknya makanan yang enak-enak, begitu juga dengan minuman yang menggugah selera. Oleh sebab itulah banyak orang yang tidak puasa di pasar.

Lalu bagaimana dengan 7 hari menjelang hari raya Idul Adha? Sepertinya sama, yang bedanya hanya puasa dan tidak puasa. Yang pasti juga di hari raya Idul Fitri ini banyak yang mudik mulai dari H- 7 hari Raya.
Share To:

ANTS EDUCATION

Post A Comment:

0 comments so far,add yours