7 Hadits Tentang Lailatul Qadar

Ketika bulan Ramadhan yang paling ditunggu atau yang dinanti-nanti oleh umat Islam adalah suatu malam yang paling utama, yaitu malam Lailatul Qadar. Akan tetapi malam mulia itu tidak seorangpun yang mengetahuinya termasuk Rasulullah SAW. Beliau hanya mengisyaratkan bahwa malam lailatul qadar itu terjadi pada malam 10 terakhir pada bulan Ramadhan yaitu malam ke 21, 23, 25, 27, dan 29.

Allah SWT berfirman dalam Al-Quran surah Al-Qadr ayat 1-5 yang artinya “1. Sesungguhnya Kami telah menurunkannya (Al Quran) pada malam kemuliaan[1593]. 2. dan tahukah kamu Apakah malam kemuliaan itu? 3. malam kemuliaan itu lebih baik dari seribu bulan. 4. pada malam itu turun malaikat-malaikat dan Malaikat Jibril dengan izin Tuhannya untuk mengatur segala urusan. 5. malam itu (penuh) Kesejahteraan sampai terbit fajar” (QS. Al-Qadr: 1-5).

Keterangan: [1593] Malam kemuliaan dikenal dalam bahasa Indonesia dengan malam Lailatul Qadr Yaitu suatu malam yang penuh kemuliaan, kebesaran, karena pada malam itu permulaan turunnya Al Quran.

Mengenai hal itu (lailatul qadar) juga dipertegas dengan beberapa hadits diantaranya, yang artinya:

1.      “Sungguh aku diperlihatkan lailatul qadar, kemudian aku dilupakan –atau lupa- maka carilah ia di sepuluh malam terakhir, pada malam-malam yang ganjil” (Muttafaq alaih).

2.      “Carilah lailatul qadar pada malam-malam ganjil dari sepuluh hari terakhir Ramadhan (HR. Bukhari).

3.      “Seseorang bermimpi bahwa lailatul qadar terjadi pada malam kedua puluh tujuh. Maka Nabi SAW bersabda, "Aku melihat mimpi kalian bertemu pada sepuluh hari terakhir, maka hendaklah ia mencarinya (lailatul Qadar) pada malam-malam ganjil." (HR. Muslim).

4.      “Sesungguhnya sebagian sahabat Nabi SAW bermimpi lailatul qadar terjadi pada tujuh hari terakhir (Ramadhan). Maka Rasulullah SAW bersabda, "Aku melihat mimpi kalian bertemu pada tujuh malam terakhir, maka barangsiapa yang ingin mencarinya, hendaklah ia mencari pada tujuh malam terakhir." (HR. Bukhari).

5.      “Carilah ia -lailatul qadar- di sepuluh malam terakhir. Jika salah seorang kalian lemah atau tidak mampu, maka janganlah ia kalah di tujuh malam terakhir“(HR. Muslim).

6.      “Ubay (bin Ka'ab) berkata, "Demi Allah yang tiada tuhan melainkan Dia. Sesungguhnya ia terjadi di bulan Ramadhan. Dan demi Allah sesungguhnya aku mengetahui malam itu. Ia adalah malam yang Rasulullah memerintahkan kami untuk qiyamullail, yaitu malam kedua puluh tujuh. Dan sebagai tandanya adalah pada pagi harinya matahari terbit dengan cahaya putih yang tidak bersinar-sinar menyilaukan." (HR. Muslim).

7.      “Ubay (bin Ka'ab) berkata tentang lailatul qadar, "Demi Allah, sesungguhnya aku mengetahui bahwa ia adalah malam yang Rasulullah SAW memerintahkan untuk qiyamullail, yaitu malam dua puluh tujuh (Ramadhan) –Syu'bah (salah seorang perawi) ragu dengan kata "amarana" atau "amarana bihaa". (HR. Muslim)

Itulah 7 hadits tentang malam lailatul qadar, dan bukan hanya 7 hadits tersebut, banyak lagi hadits-hadits tentang malam lalilatul qadar itu. Lailatul Qadar ini merupakan rahasia dari Allah SWT, mengapa rahasia? Agar kita selalu beribadah kepada-Nya dengan ikhlas dan penuh pengharapan, selalu mendekatkan diri kepada-Nya. Semoga kita mendapatkannya. Amin.
Share To:

ANTS EDUCATION

Post A Comment:

0 comments so far,add yours