Hal Hal Yang Dibolehkan Oleh Wanita Yang Berpuasa

  1. Hal-Hal Yang Dibolehkan Oleh Wanita Yang Berpuasa

a.       Membasahi seluruh badan dengan air, seperti membasahi rambut dalam rangka mencuci (rabutnya) atau karena panas yang menyengat.
b.      Meneteskan obat mata dan memakai celak, karena diantara yang membatalkan puasa itu hanyalah masuknya makanan atau sesuatu kerongga mulut, sedangkan obat tetes mata dan celak masuk ke mata.
c.       Mencium atau mendapat ciuman dari suami selama ciuman itu tidak menggerakkan atau membangkitkan nafsu syahwat mereka atau menggerakkan mereka untuk melakukan bersenggama. Ciuman boleh dilakukan baik pada mulut, pipi, maupun yang lainnya.
Hal ini didasarkan pada hadits yang diriwayatkan oleh Mutafaqun Alaih dari Aisyah ra, ia berkata: “Nabi Muhammad Saw. Pernah mencium aku ketika beliau sedang berpuasa dan pernah juga bercanda dalam keadaan berpuasa. Karena, beliau adalah orang yang paling mampu mengendalikan hajatnya”.
Akan tetapi, apabila seseorang tidak bisa menahan nafsu syahwatnya lebih baik hal itu tidak dilakukan, supaya itu tidak menjadi batal.
d.      Suntik, baik itu pada kulit maupun pada urat
Hal ini diperbolehkan dan tidak membatalkan puasa. Karena batalnya puasa adalah masuknya makanan ke rongga mulut, sedangkan suntikan sampai ke perut tetapi hal itu terjadi melalui jalan yang tidak dilarang.
e.       Mencicipi makanan melalui ujung lidahnya. Akan tetapi, harus berhati-hati agar makanan tersebut tidak tertelan.
f.        Berkumur dan memasukkan air ke hidung, asal tidak berlebihan.



Share To:

Unknown

Post A Comment:

0 comments so far,add yours