Hikmah Puasa
  1. Hikmah Puasa

Ada beberapa hikmah puasa yang terkandung dalam puasa, diantaranya adalah sebagai berikut:
a.       Dapat membakitkan hati untuk senantiasa takut kepada Allah Swt
Dengan berpuasa, maka terasalah seseorang rasa lapar dan dahaga, lalu nafsunya menginginkan makanan dan minuman, tetapi kesadaran bahwa dirinya sedang berpuasa mencegahnya dari menuruti keinginan nafsunya, demi mematuhi perintah Allah Swt. Disinilah tumbuh perasaan takut kepada Allah Subhanahu Wataala.
b.      Sebagai tanda terima kasih kita kepada Allah Swt
Ibadah puasa merupakan salah satu tanda terima kasih kita kepada Allah Swt. yang telah memberikan segala kenikmatan yang tidak terhitung jumlahnya. Ungkapan terima kasih ini dapat diwujudkan dengan mengerjakan perintah-Nya, salah satunya adalah mengerjakan puasa.
c.       Dapat memberikan pendidikan keyakinan terhadap adanya Allah Swt. dengan segala peraturan-peraturannya
Dengan berpuasa seseorang pasti menyakini bahwa peraturan-peraturan atau hukum Allah adalah benar dan akan membawa kesejahteraan hidup baik di dunia maupun hidup di akhirat.
d.      Dapat memberikan pendidikan untuk menumbuhkan rasa kasih sayang kepada golongan fakir miskin
Orang yang berpuasa pastilah merasakan betapa sakit dan pedihnya perut yang keroncongan karena menahan lapar dan dahaga.
Dengan demikian, maka ia dapat mengukur kesedihan dan kesusahan orang yang sepanjang hidup berada dalam kekurangan sehingga kadang-kadang untuk makan saja tidak ada. Sehingga akan timbul perasaan belas kasihan dan suka menolong kepada orang yang serba kekurangan.
e.       Dapat menjaga kesehatan manusia, baik kesehatan jasmani ataupun kesehatan rohani
Menjaga kesehatan jasmani, misalnya puasa dapat membantu kesembuhan penyakit kencing manis, darah tinggi dan maag. Sedangkan menjaga kesehatan rohani, misalnya puasa itu mengajarkan kesabaran dan pengendalian diri dan tingkah laku yang baik serta dapat menambah keimanan kepada Allah Subhanahu Wataala.

Share To:

Unknown

Post A Comment:

0 comments so far,add yours