Amalan Amalan Di Bulan Ramadhan

  1. Amalan Amalan Di Bulan Ramadhan
Bulan Ramadhan merupakan bulan yang paling mulia, bulan yang penuh berkah dan ampunan serta amal ibadah orang-orang mukmin akan dilipat gandakan pahalanya. Hal ini sesuai dengan sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Imam Akhmad, An-Nasa’i, dan Al-Baihaqi dari Abu Hurairah ra, ia berkata: “Sesungguhnya telah datang kepadamu bulan yang penuh berkah, pada bulan ini Allah SWT. mewajibkan kamu berpuasa, ketika itu dibuka pintu-pintu surga, ditutup pintu-pintu neraka dan dibelenggu syaitan-syaitan dan pada waktu itu dijumpai pula suatu malam yang nilainya lebih berharga dari seribu bulan. Maka barang siapa tidak berhasil kebaikannya sungguh tidak akan mendapatkannya itu untuk selama-lamanya”.
Hadits di atas dapat disimpulkan, bahwa seseorang yang beramal di bulan Ramadhan akan memperoleh pahala yang sangat besar dari Allah Swt. adapun amalan-amalan yang utama dikerjakan pada bulan Ramadhan adalah sebagai berikut:
a.       Mengerjakan shalat tarawih dan untuk sunnat lainnya dalang rangka mengamalkan malam-malam bulan Ramadhan
Di dalam hadits yang diriwayatkan oleh Imam Muslim dari Abu Hurairah ra, berkata bahwa Nabi Muhammad Saw. sangat menganjurkan untuk beribadah atau shalat sunnat pada malam bulan Ramadhan tetapi dalam hal ini beliau tidak mewajibkannya, dan Nabi Muhammad Saw. pernah bersabda: “Barang siapa yang beribadah shalat sunnat pada malam bulan Ramadhan dengan penuh keimanan dan hanya mengharapkan pahala dari Allah Swt., maka diampuni dosanya yang telah lalu”.
b.      Memperbanyak membaca Al-Quran atau tadarus yang lebih baik lagi jika mempelajari isinya dan mengajarkannya kepada orang lain
Ketika habis shalat sunnat witir maka bertadaruslah bersama-sama dengan jamah yang lainnya, serta bertadarus juga dapat dilakukan di rumah seorang diri. Barang siapa yang membaca Al-Quran maka pahalanya akan Allah lipat gandakan banyaknya. Contoh misalnya “Alif Lam Mim” itu bukan satu hurup, akan tetapi tiga hurup, maka kita akan mendapatkan tiga kebaikan dari itu semua. Setelah kita membaca Al-Quran jangan lupa pula kita pelajari isi kandungan dari apa yang telah kita baca tersebut, serta kita ajarkan kepada orang lain disekitar kita.
c.       Memperbanyak shadaqah, amal jariyah, dan memberi makan untuk berbuka puasa kepada orang yang berbuka puasa
Di dalam hadits yang diriwayatkan oleh A-Tirmidzi dari Anas ra, ia berkata: “Pada suatu ketika ada seseorang yang datang kepada Nabi Muhammad SAW, lalu ia bertanya: “Wahai, Rasulullah sedekah manakah yang paling baik?”. Beliau menjawab: “Sedekah pada bulan Ramadhan”.
d.      Memperbanyak melakukan i’tikaf
I’tikaf adalah diam (berhenti) di dalam masjid dengan diiringi niat. Orang yang berhadats besar tidak diperbolehkan melakukan i’tikaf.
Sebenarnya memperbanyak membaca Al-Quran, shadaqah dan i’tikaf itu disunnatkan pada tiap waktu, akan tetapi hal ini lebih diutamakan pada saat bulan Ramadhan. Karena pada bulan Ramadhan ini pahalanya dilipatgandakan oleh Allah SWT.

Share To:

ANTS EDUCATION

Post A Comment:

0 comments so far,add yours