Kumpulan Soal Tugas Kuliah Jurusan Paud Motorik Kasar Anak

1.      Mengapa anak masih membutuhkan rangsangan orang tua untuk meningkatkan motorik kasarnya?
Jawab: Karena dengan rangsangan serta arahan dari orang tua motorik kasar anak dapat berkembang dengan optimal.
2.      Berikan contoh tindakan orang dewasa di rumah atau di sekolah dalam melatih motorik halus anak?
Jawab:  Contoh tindakan orang dewasa baik di rumah atau di sekolah, memfokuskan untuk melatih perkembangan motorik halus anak adalah dengan memberikannya latihan seperti menata barang, puzzle, menulis dan seterusnya.
3.      Mengapa orang tua untuk meningkatkan perkembangan motorik kasar anak menyerahkan pada proses alam?
Jawab: karena orang tua selalu sibuk bekerja, sehingga urusan meningkatkan perkembangan motorik kasar anak dianggap sepele.
4.      Kegiatan apakah yang harus dilakukan pada usia tiga tahun untuk keterampilan motorik kasarnya?

Jawab: Kegiatan atau keterampilan yang cocok untuk meningkatkan motorik kasar anak adalah memanjat dan melompat. Karena memanjat dan melompat akan lebih mudah ia lakukan.
5.      Pada usia berapakah otot-otot besar anak berkembang pesat?
Jawab: Pada usia tiga tahun
6.      Mengapa keterampilan motorik kasar anak pada usia tiga tahun berbeda-beda?
Jawab: Karena sifat anak berbeda-beda, ada anak yang terlihat gesit dan berani, sementara anak lainnya lebih hati-hati dan perlu bantuan atau dorongan dari orang tuanya atau dari orang dewasa.
7.      Mengapa pendeteksian dini sangat penting untuk melihat keterampilan motorik kasar pada anak?
Jawab: Pendeteksian dini sangat penting untuk dilakukan adalah untuk melihat keterampilan motorik kasar, agar bisa memberikan solusi atau mengantisipasi apabila perkembangan motorik kasar si anak memang masih di bawah yang seharusnya, walaupun memang tetap perlu diingat bahwa tiap anak pasti berbeda-beda.
8.      “Mengamati perilaku anak-anak yang tidak mau diam, dan banyak ulah, sebetulnya ini adalah petanda bahwa Tuhan telah mengajarkan anak-anak untuk mengembangkan kemampuannya melalui dorongan naluri. Hanya saja, dorongan itu seringkali netral. Apakah yang dimaksud dengan netral dalam istilah motorik kasar pada anak tersebut?
Jawab: Netral dalam arti mungkin bisa tidak terkontrol atau juga sebaliknya.
9.      Keterampilan apakah yang cocok atau sesuai untuk membangkitkan daya motorik kasar anak saat ia sudah masuk sekolah?
Jawab: kegiatan yang cocok adalah mengajak bermain, mengajak menyelesaikan pekerjaan di rumah, latihan mengkoordinasi barang, dan lain-lain. Berolahraga bersama anak juga bisa dilakukan untuk menstimulus perkembangan motorik anak.
Seorang anak tetap perlu kita latih, namun kita tetap menyesuaikan dengan kebutuhannya.
10.  Apakah yang dapat dilakukan oleh orang tua untuk melatih anaknya yang sudah bisa jalan namun belum masuk sekolah?
Jawab: Selaku orang tua dapat melatih beberapa gerakan, misalnya: berlari, naik tangga, memanjat kursi,  berputar, berjalan di atas papan titian, naik sepeda, dan sebagainya. Naik turun sofa di rumah pun bisa membantu perkembangan motorik kasar anak. Orang tua juga bisa selalu mengajak anak bermain yang melibatkan gerakan-gerakan tersebut. Namun semua itu harus selalu dalam pengawasan orang tua saat melakukannya.

Share To:

Unknown

Post A Comment:

0 comments so far,add yours