Doa Shalat (Sholat)

Kita adalah seorang hamba yang diciptakan oleh Sang Pencipta yaitu Allah Swt. Allah akan selalu memperkenankan setiap do’a-do’a hambanya yang meminta kepada-Nya dengan ikhlas dan khusuk serta yakin seyakin-yakinnya (haqqul yakin). Setiap makhluk yang Allah ciptakan ke dunia ini, pasti akan meminta atau memohon kepada-Nya. Permohonan dari hamba (makhluk) itu disebut dengan doa.

Sedangkan untuk pengertian dari doa adalah “permohonan kepada Allah yang disertai kerendahan hati untuk mendapatkan suatu kebaikan dan kemaslahatan yang berada di sisi-Nya. Sedangkan sikap khusyu’ dan tadharru’ dalam menghadapkan diri kepada-Nya merupakan hakikat pernyataan seorang hamba yang sedang mengharapkan tercapainya sesuatu yang dimohonkan. Itulah pengertian doa secara syar’i yang sebenanya.

Lalu bagaimana dengan shalat itu? Kata salat (sholat) merujuk kepada ritual ibadah pemeluk agama Islam. Menurut syariat Islam, praktik salat harus sesuai dengan segala petunjuk tata cara Nabi Muhammad SAW, sebagai figur pengejawantah perintah Allah. Umat muslim diperintahkan untuk mendirikan salat, karena menurut surah Al-‘Ankabut dapat mencegah perbuatan keji dan mungkar:

Yang artinya: “dirikanlah shalat, sesungguhnya shalat itu mencegah dari (perbuatan- perbuatan) keji dan mungkar, dan sesungguhnya mengingat Allah (shalat) adalah lebih besar (keutamaannya dari ibadat-ibadat yang lain” (Al-Ankabut: 45).

Mengenai judul di atas, bagaimana dengan doa salat? Doa sholat adalah doa yang dibaca ketika kita selesai sholat, baik itu sholat fardu ataupun sholat sunnat. Biasanya doa yang dibaca adalah doa selamat, doa ibu dan bapak, doa tolak baa, doa minta kaya, minta sehat, minta naik pangkat, minta anak, minta istri, dan lain sebagainya. Mengapa kita harus berdoa? Karena doa itu adalah senjata mukmin. Karena kita adalah makhluk atau hamba, maka selayaknyalah kita meminta kepada Yang Maha Kuasa yaitu ALLAH SWT. Semoga doa-doa kita diijabah oleh ALLAH, dan kita sukses.


Share To:

Unknown

Post A Comment:

0 comments so far,add yours