Senin, 20 April 2015

Asal-usul Mengapa Bulan Rajab Dinamakan Rajab?


Mengapa Bulan Rajab Dinamakan Rajab?

Seluruh umat Islam mengetahui tentang bulan Rajab itu. Pada bulan ini juga terdapat suatu peristiwa yang sangat bersejarah bagi umat Islam. Karena pada bulan Rajab ini telah terjadi suatu peristiwa besar untuk seluruh umat manusia (sebenarnya) yang disebut dengan Isra’ Mi’raz Nabi Muhammad Saw.

Isra’ artinya adalah perjalanan Nabi Muhammad dari Masjidil Haram di Mekkah ke Masjidil Al-Aqsa di Palestina. Sedangkan Mi’raz adalah naiknya Nabi Muhammad ke langit. Mengapa Nabi Muhammad naik ke langit? Tiada lain untuk mendapatkan wahyu atau perintah sholat, yang sekarang menjadi lima kali sehari semalam.

Lalu mengapa bulan Rajab dinamakan Rajab? Bulan Rajab dinamakan Rajab karena itu adalah bulan untuk yarjubu, yakni Ya’zhumu (mengagungkan), sebagaimana dikatakan Al Ashmu’i, Al Mufadhdhal, dan Al Farra’. (Imam Ibnu Rajab, Lathaif Al Ma’arif, Hal. 117. Mawqi’ Ruh Al Islam).

Banyak manusia meyakini bulan Rajab sebagai bulan untuk memperbanyak ibadah, seperti shalat, puasa, dan menyembelih hewan untuk disedekahkan. Tetapi, kebiasaan ini nampaknya tidak didukung oleh sumber yang shahih. Para ulama hadits telah melakukan penelitian mendalam, bahwa tidak satu pun riwayat shahih yang menyebutkan keutamaan shalat khusus, puasa, dan ibadah lainnya pada bulan Rajab, sebagaimana yang dikatakan oleh Imam Ibnu Hajar Al ‘Asqalani dan Syaikh Yusuf Al Qaradhawi. Benar, bulan Rajab adalah bulan yang agung dan mulia, tetapi kita tidak mendapatkan hadits shahih tentang rincian amalan khusus pada bulan Rajab. Wallahu A’lam

Sebagai contoh: “Sesungguhnya di surga ada sungai bernama Rajab, airnya lebih putih dari susu dan rasanya lebih manis dari madu. Barangsiapa yang berpuasa Rajab satu hari saja, maka Allah akan memberikannya minum dari sungai itu.” (Status hadits: BATIL. Lihat As Silsilah Adh Dhaifah No. 1898).

Nah, itulah mengapa bulan Rajab dinamakan bulan Rajab. Pada bulan Rajab perbanyaklah amal ibadah karena bulan Rajab adalah pintu gerbang memasuki bulan Ramadhan.




Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...