Selasa, 24 Mei 2016

Kata Sambutan Bulan Rajab


Sugianto, S.Pd.I
Kata Sambutan Bulan Rajab

Assalamualaikum warahmatullahi wabarkatuh

Pada malam ini saya akan menyampaikan ceramah atau tausiah yang saya beri judul dengan “KEUTAMAAN BULAN RAJAB, SYA'BAN & RAMADHAN” para kaum musliamin yang berbahagia baik di dunia maya ataupun di dunia ghaib serta di dunia nyata. Bahwa Bulan Rajab dan Keutamaannya adalah karena Bulan Rajab adalah salah satu bulan mulia, yang telah Allah Ta’ala sebutkan sebagai asyhurul hurum (bulan-bulan haram). Maksudnya, saat itu manusia dilarang (diharamkan) untuk berperang, kecuali dalam keadaan membela diri dan terdesak. Sebagaimana Allah Ta’ala berfirman yang artinya:
يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آَمَنُوا لَا تُحِلُّوا شَعَائِرَ اللَّهِ وَلَا الشَّهْرَ الْحَرَامَ

“Hai orang-orang yang beriman, janganlah kamu melanggar syi’ar-syi’ar Allah , dan jangan melanggar kehormatan bulan-bulan haram …” (QS. Al Maidah (95): 2)

perlu kita ketahui bahwa, ayat mulia ini menerangkan secara khusus keutamaan bulan-bulan haram, yang tidak dimiliki oleh bulan lainnya. Bulan yang termasuk Asyhurul hurum (bulan-bulan haram) adalah dzul qa’dah, dzul hijjah, rajab, dan muharam. (Sunan At Tirmidzi No. 1512)

dan pula Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam pernah bersabda:
السنة اثنا عشر شهراً، منها أربعةٌ حرمٌ: ثلاثٌ متوالياتٌ ذو القعدة، وذو الحجة والمحرم، ورجب مضر الذي بين جمادى وشعبان”.

“Setahun ada 12 bulan, di antaranya terdapat 4 bulan haram: tiga yang awal adalah Dzul Qa’dah, Dzul Hijjah, dan Muharam. Sedangkan Rajab yang penuh kemuliaan antara dua jumadil dan sya’ban.” (HR. Bukhari No. 3025)




Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...