Sabtu, 14 Maret 2015

Menurut Islam Allah Melarang Untuk Berteman Dengan Orang Kafir Atau Orang Yang Memusuhi Islam


Sugianto, S.Pd.I
Allah Melarang Untuk Berteman Dengan Orang Kafir Atau Orang Yang Memusuhi Islam, Larangan berteman dengan orang-orang yang memusuhi Islam, Perhatikan firman Allah swt .dalam Al-Quran surah Al- Mujaadilah ayat 14 yang artinya “Tidakkah kamu perhatikan orang-orang yang menjadikan suatu kaum yang dimurkai Allah sebagai teman? Orang-orang itu bukan dari golongan kamu dan bukan (pula) dari golongan mereka. Dan mereka bersumpah untuk menguatkan kebohongan, sedang mereka mengetahui” (QS. Al Mujaadilah: 14).

Larangan mengikuti Yahudi dan Nasrani
Perhatikan firman Allah swt .dalam Al-Quran surah Al-Baqarah ayat 119 yang artinya “Sesungguhnya Kami telah mengutusmu (Muhammad) dengan kebenaran; sebagai pembawa berita gembira dan pemberi peringatan, dan kamu tidak akan diminta (pertanggungan jawab) tentang penghuni-penghuni neraka” (QS. Al-Baqarah: 119).

Dalam suatu riwayat dikemukakan bahwa Rasulullah SAW bersabda: "Betapa inginnya aku tahu nasib ibu bapakku." Maka turunlah ayat tersebut di atas (S. 2: 119). Rasulullah SAW tidak menyebut-nyebut lagi kedua ibu bapaknya hingga wafatnya. Ayat tersebut di atas menjelaskan Nabi bertugas sebagai pembawa berita gembira dan pemberi peringatan. (Diriwayatkan oleh Abdurrazzaq dari atTsauri, dari Musa bin 'Ubaidah yang bersumber dari Muhammad Ibnu Ka'b al-Qarzhi. Hadits ini mursal.)

Dalam riwayat lain dikemukakan bahwa Rasulullah SAW pada suatu hari berdoa. "Di mana kedua ibu bapakku kini berada?" Maka Allah turunlah ayat tersebut di atas (S. 2: 119) (Diriwayatkan oleh Ibnu Jarir dari Ibnu Juraiz yang bersumber dari Dawud bin Abi 'Ashim. Hadits ini pun mursal.)

Larangan memintakan ampun untuk orang musyrik
Perhatikan firman Allah swt .dalam Al-Quran surah  At-Taubah ayat 113 yang artinya “Tiadalah sepatutnya bagi Nabi dan orang-orang yang beriman memintakan ampun (kepada Allah) bagi orang-orang musyrik, walaupun orang-orang musyrik itu adalah kaum kerabat (nya), sesudah jelas bagi mereka, bahwasanya orang-orang musyrik itu adalah penghuni neraka jahanam” QS. At-Taubah: 113).

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...