Obat Tradisional Untuk Orang Yang Terkena Santet Atau Guna Guna. Dari mana aku harus bermula atau memulainya. Sebut saja namanya


Obat Tradisional Untuk Orang Yang Terkena Santet Atau Guna Guna
Boneka Fudu
Obat Tradisional Untuk Orang Yang Terkena Santet Atau Guna Guna

Dari mana aku harus bermula atau memulainya. Sebut saja namanya Sugianto bukan nama sebenarnya red. Ia pada hari Senin pergi ke Sambas untuk menghadap Kepala Dinas Pendidikan dalam urusan buku Mulok Adat dan Tradisi Kabupaten Sambas. Semua proses biokrasi telah dilakukannya dengan baik. Semua urusan telah selesai, ia pun pulang kembali ke Singkawang. Dalam perjalanan ke Singkawang baru saja ia sampai di Kampung Hangus, ia kehausan. Ia mau minum es tebu, tapi tidak ada yang ada es adem sari. Ia pun memesan es adem sari, ya bolehlah karena cuaca yang begitu panas untuk penyejuk kerongkongan dan penurun panas bisik hati kecilnya.

Setelah selesai ia membayar air tersebut 2.000 rupiah. Kemudian ia melanjutkan perjalanannya. Ia menghirup airnya dengan lahap karena dahaga sambil bermotor. Saat itu ia merasakan tenggorokannya sudah terasa lain. “Mengapa ya tenggorokanku kok rasanya berubah, rasanya mau batuk, dan gatal-gatal” ucap hati kecilnya. Namun ia tetap melaju dijalan raya karena dikejar waktu untuk pulang ke Singkawang. Di Singkawang ia akan menjemput adiknya pulang sekolah.  

Namun, baru saja ia sampai di dekat markas tentara beruang hitam, es nya terjatuh. Dan ia pun mengeluh. “wahhhh es kujatuh, padahal aku masih haus sekali. Dasar bukan rezeki” ucapnya. “tapi, mungkin ada hikmahnya dengan jatuhnya esku, sedangkan aku tidak tahu apa hikmahnya”, tambahnya. Motornya tetap melaju hingga datang ke Singkawang.

Keesokan harinya, tenggorokaonnya semakin gatal, dan ia sudah mulai terbatuk-batuk. Sugianto tidak tahan lagi dengan batuknya. Kemudian ia konsultasi ke Puskesmas yang tidak jauh dari rumahnya. Ia pun cek darah (tensi), darahnya normal 120, kemudian ia minta obat diantaranya 1. dektromenorpen, vitamin, antasid, antalgin, dan amoksilin (anti biotik).

Obat itu diminumnya tiga kali sehari selama satu minggu, akan tetapi batuknya juga tidak berubah (tidah sembuh-sembuh). Kemudian ia periksa lagi, ia minta obat yang sama lagi Cuma di tambah paracetamol, sedangkan antalgin tidak. Kemudian ia pulang kampung ke rumah orang tuanya di Tebas. Ibunya tahu bahwa anaknya (Sugianto) lagi tidak enak badan (batuk dan demam). Karena komunikasi lewat hape. Cuma dua malam ia nginap, kemudian pulang lagi ke Singkawang, karena ia ngajar di Singkawang. Ia berobat lagi dengan minta obat yang sama. Sekarang sudah tiga botol obat batuk yang ia minum, berarti sudah tiga minggu (21 hari). Kemudian ia pulang lagi ke kampungnya. Nginap satu malam. Ibunya bertanya kepadanya. “masih batuk bang” tanya iabunya. “ia bu, batuknya bandel”, ibunya menangis, entah apa yang dipikirkan oleh ibunya. Kemudian ibunya bicara lagi. “coba kamu minta tolong sama pamanmu di Jawai, tolong dipandangi (dilihat secara batin), ibu takut kamu kenapa-napa (diguna-guna atau santet), karena dari kakekmu hingga bibimu yang bungsu semuanya disantet orang. Ibu takut kamu juga seperti itu”, kata ibunya. “iya bu” jawabnya.

Kemudian ia pulang lagi ke Singkawang, setelah itu ia pun menelpon pamannya. Kata pamannya ia terkena santet lewat angin. Penyakit itu harus segera diobati, sebelum memakan paru-paru, jika ia memakan paru-paru, akibatnya bisa patal (sakit paru-paru TBC atau mati). Rempah-rempahnya ialah katanya: 1. telur hitam selasih, 2. gula batu, 3. pucuk ganti insu-i, 4. sirih merah, 5. kunyit putih, 6. bawang jirannang (bawang mekah), dan 7. jerangau merah.

Itulah bahan-bahan untuk mengobati yang terkena santet, nanti paranormal itulah yang akan melakukan upacaranya pada hari Jum’at, selesai sholat Jum’at. Katanya. Sekarang sudah habis enam botol, selama satu bulan 10 hari = 40 hari. Masih juga belum sembuh, mungkin karena cuaca yang tidak menentu ini yang membuat Sugianto sakit batuk. Smoga cepat sembuh ya. Jika kau mati, aku sama siapa?  
Share To:

ANTS EDUCATION

Post A Comment:

0 comments so far,add yours