Kamis, 19 Februari 2015

Bagaimana Kiamat Menurut Islam


Sugianto, S.Pd.I
Kiamat Menurut Islam, “Ki Amat”..... anda kenal atau tahu dengan yang namanya “Ki-Amat?”. Ki Amat bukan yang jual sate atau jual ketoprak di pasar turi atau di pasar pagi atau pula di pasar Hongkong. Ki Amat yang kami maksudkan adalah “kiamat”. Kiamat ini sesunguhnya terbagi menjadi dua bagian, yaitu kiamat sugro dan kiamat kubro. Kiamat sugra disebut juga dengan kiamat kecil, sedangkan kiamat kubro disebut juga dengan kiamat besar.

Yang dimaksud dengan kiamat kecil adalah terjadinya bencana atau meninggalnya seseorang. Sedangkan kiamat besar atau kobro adalah hancurnya alam semesta ini. Semuanya hancur tiada lagi yang tersisa, manusia saja seperti anai-anai yang ketakutan. Gunung-gunung saja seperti debu atau kapas terbang menjadi debu. Semua itu telah ditentukan oleh Allah swt. Akan tetapi kita tidak tahu itu kapan akan terjadi.

Lihatlah firman Allah swt dalam Al-Quran surah Al A'raaf ayat 187 yang artinya “Mereka menanyakan kepadamu tentang kiamat: "Bilakah terjadinya?" Katakanlah: "Sesungguhnya pengetahuan tentang kiamat itu adalah pada sisi Tuhanku; tidak seorangpun yang dapat menjelaskan waktu kedatangannya selain Dia. kiamat itu amat berat (huru haranya bagi makhluk) yang di langit dan di bumi. kiamat itu tidak akan datang kepadamu melainkan dengan tiba-tiba." Mereka bertanya kepadamu seakan-akan kamu benar-benar mengetahuinya. Katakanlah: "Sesungguhnya pengetahuan tentang bari kiamat itu adalah di sisi Allah, tetapi kebanyakan manusia tidak mengetahui."

Banyak ayat-ayat lain yang menerangkan tentang kiamat tersebut, diantaranya ialah; Al Kahfi ayat 21, Al Waaqi'ah ayat 1, Al Haaqqah ayat 1, Al Qaari´ah ayat 1, dan lain-lainnya. Tidak seorangpun yang tahu kapan itu kiamat, hanya Allah-lah yang tahu kapan kiamat besar akan terjadi. Dan pastinya kiamat itu akan terjadi. Kita tinggal menunggu kapan kiamat itu akan dating dan apakah kita akan mengalaminya atau tidak, atau keburu kita mati.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...