Selasa, 10 Februari 2015

Demokrasi Menurut Islam


Sugianto, S.Pd.I
Perhatikan firman Allah swt. dalam Al-Quran surah Al Mujaadilah ayat 11 yang artinya “Hai orang-orang beriman apabila dikatakan kepadamu: "Berlapang-lapanglah dalam majlis", maka lapangkanlah niscaya Allah akan memberi kelapangan untukmu. Dan apabila dikatakan: "Berdirilah kamu", maka berdirilah, niscaya Allah akan meninggikan orang-orang yang beriman di antaramu dan orang-orang yang diberi ilmu pengetahuan beberapa derajat. Dan Allah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan” (QS. Al Mujaadilah: 11).

Brdasarkan ayat di atas dapat kita simpulkan bahwa berlapang-lapanglah kamu dalam mejelis diartikan seumpama adalah musyawarah untuk mencapai mupakat. Musyawarah adalah bagian dari demokrasi. Apabila pemimpin berdiri, maka kita juga mengikuti pemimpin berdiri. Apabila duduk, maka kitapun duduk pula.

Demokrasi ditjukan untuk mencari seorang pemimpin yang adil, baik, dan sebagainya. Perhatikan firman Allah swt dalam Al-Quran surah Al Maa'idah ayat 51 yang artinya “Hai orang-orang yang beriman, janganlah kamu mengambil orang-orang Yahudi dan Nasrani menjadi pemimpin-pemimpin(mu); sebahagian mereka adalah pemimpin bagi sebahagian yang lain. Barangsiapa diantara kamu mengambil mereka menjadi pemimpin, maka sesungguhnya orang itu termasuk golongan mereka. Sesungguhnya Allah tidak memberi petunjuk kepada orang-orang yang zalim” (QS. Al Maa'idah: 51). 

Dalam arti bahasa untuk pemakaian kata "demokrasi" untuk menyebut sistem yang melibatkan pemilu multipartai, pemerintahan perwakilan, dan kebebasan berbicara. Demokrasi adalah bentuk pemerintahan yang semua warga negaranya memiliki hak setara dalam pengambilan keputusan yang dapat mengubah hidup mereka. Demokrasi dalam arti kenegaraan, jika kita pandang dalam sudut Islami demokrasi itu harus dilakukan sesuai dengan surah al-Mujadilah ayat 11 (sebelas). 

Demokrasi ini bertujuan untuk memberikan kesempatan hak yang sama bagi seluruh orang yang dapat mengambil keputusannya, dengan asas kekeluargaan.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...