Selasa, 10 Februari 2015

Dajjal Menurut Islam


Sugianto, S.Pd.I
Apakah Dajjal sekarang telah muncul di dunia ini? Apakah sekarang Dajjal sudah merasuki setiap jiwa manusia yang ada saat ini? Apakah benar-benar Dajjal akan muncul ke dunia? Dan tahukah kita apa Dajjal itu? Dajal adalah seorang tokoh dalam eskatologi Islam yang akan muncul menjelang kiamat. Nanti, menjelang kiamat Dajjal akan dilahirkan ke dunia, entah siapa yang akan melahirkannnya. Dari perempuan atau wanita manakah anak Dajjal itu akan terlahir dan dari tanah manakah ia akan lahir.

Dajal dikatakan sebagai seorang yang kafir dan jahat, pembawa fitnah (ujian) terbesar dan tidak ada ujian yang terbesar selain itu. Ia pembawa kekacauan diseluruh dunia ini. Merusak segalanya apa yang dilihatnya, termasuklah moral manusia itu sendiri. Sebagaimana yang telah kita ketahui bahwa Nabi Muhammad saw. telah menjelaskan tentang Dajal kepada umatnya, namun tidak banyak dari penjelasan itu yang dapat kita ketahui. Nabi Muhammad saw. mengatakan bahwa Dajal adalah seorang yang pecak (buta) disalah satu matanya. Matanya buta satu, yang ada hanya ditengah-tengahnya saja. Sedangkan di dahinya tertuliskan hurup Kap, Pa, dan Ro, yang artinya”KaPir”.

Dalam riwayat lain mengatakan asal-usul keluarga Dajjal adalah manusia dari keturunan Yahudi. Dia bukan Jin atau pun makhluk lain. Ia adalah seorang manusia yang ditangguhkan ajalnya "MinalMunzharin" seperti halnya Nabi Isa. as yg di angkat oleh Allah swt. ke atas langit dan ditangguhkan kematiannya sehingga beliau nantinya turun semula ke atas muka bumi ini lalu beliau akan mati dan di kuburkan di Madinah AlMunawwarah.

jika kita ingin mengetahui bahwa Dajjal mempunyai seorang ayahnya seorang yang tinggi dan gemuk. Hidungnya seperti Paruh burung. Dan pula si Dajjal ini mempunyai seorang Ibu yang gemuk dan banyak dagingnya. Berdasarkan (menurut) Imam Al Barzanji ada pendapat mengatakan bahawa asal keturunan bapanya ialah seorang Dukun Yahudi yang di kenali dengan "syaqq" manakala ibunya adalah dari bangsa Jin. Ia hidup di zaman Nabi Sulaiman as dan mempunyai hubungan dengan makhluk halus. Lalu oleh Nabi Sulaiman ia akhirnya ditangkap dan dimasukkanke dalam penjara. Walau bagaimanapun kelahiran dan kehidupan masa kecil tidak diketahui dengan jelas.

Itulah sebagian kecil atau secara singkat mengenai si Dajjal ini, kapan Dajjal akan mucul, dan di mana Dajjal akan muncul hanya Allah yang mengetahuinya. Mungkin Dajjal sudah muncul sekarang atau esok. Sekarang saja sudah banyak manusia yang berbuat angkara atau kerusakan dan saling bunuh antara satu dan yang lainnya.


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...