Pada tanggal 31 Januari 2017 adalah tahun baru Imlek bagi orang-orang konghucu. Bagi orang Cina perayaan Imlek ini sangat mereka


Apakah Valentine sama dengan Cap Goh Me?
Valentine
Cap Goh Me bukan Valentine

Pada tanggal 31 Januari 2017 adalah tahun baru Imlek bagi orang-orang konghucu. Bagi orang Cina perayaan Imlek ini sangat mereka tunggu-tunggu, dan pula pada tahun ini adalah tahun kuda. Menurut keparcayaan mereka mendatang tuah (heng). Khusnya di Kota Singkawang banyak dari orang-orang Cina memadati Kelenteng Tua yang ada di tengah-tengah Kota Singkawang yang tidak jauh dari Masjid Raya Singkawang. Mereka melaksanakan sembahyang demi meminta keberkahan rezeki yang banyak.

Setelah perayaan tahun baru Imlek 2565, mereka akan mengadakan yang namanya pesta tatung atau dengan nama lainnya adalah perayaan Festival Cap Goh Me. Perayaan atau festival tersebut diikuti oleh ratusan tatung yang ada di kota Singkawang khususnya serta pada kabupaten tetangga (Sambas dan Bengkayang) yang ikut berfartisifasi demi memeriahkan acara tersebut.

Disamping itu juga, telah dibuka pameran hari raya cina di Stadion Kridasana Kota Singkawang yang beberapa hari lalu telah dibuka oleh Wali Kota Singkawang. Sejak dibukanya pameran tersebut hingga hari ditulisnya artikel ini, banyak masyarakat yang berkunjung ke tempat pameran tersebut. Acara pameran tersebut tidak hanya di hadiri oleh orang-orang Cina, akan tetapi melayu, Dayak, Jawa, bugis pun memadati stadion kridasana tersebut.

Pameran tersebut juga tidak dihadiri oleh masyarakat Kota Singkawang, akan tetapi berasal dari luar kota Singkawang, misalnya Sambas, Bengkayang, Pontianak, Jakarta, Jepang, Amerika, dan banyak lagi yang lainnya.

Jika kita lihat, acara Cap Goh Me nanti bertepatan dengan perayaan Valentine. Perayaan valentine juga dimeriahkan oleh para remaja saling tukar hadiah, atau tukar baju. Dan jika kita perhatian pula, acara tersebut bertepatan dengan hari Jum’at. Ada apa ya rahasianya ini? Hanya Tuhan yang tahu jawabnya.
Share To:

ANTS EDUCATION

Post A Comment:

0 comments so far,add yours