Pendidikan di dunia ini terbagi menjadi tiga bagian yang utama, diantaranya ialah pendidikan informal, pendidikan formal, dan pendidikan informal. Untuk lebih jelasnya akan kami uraikan satu persatu di bawah ini, yaitu sebagai berikut:

1.      Pendidikan informal.
Pendidikan informal adalah suatu kegiatan mendidik yang dilakukan oleh orang tua di dalam rumah. Pendidikan informal ini merupakan pendidikan yang pertama sekali didapat oleh seorang anak. Peran orang tua sangat penting dalam hal pendidikan ini. Segala apa yang telah dilakukan oleh kedua orang tuanya, baik sengaja ataupun tidak sengaja, maka hal tersebut akan dicontoh oleh anak. Baik dari hal berpakaian, berjalan, berkata, makan, tidur, dan lain sebagainya.
Maka dari itu, berhati-hatilah  jika berbuat dan bertindak serta makan atau minum. Setiap dari orang tua pasti menginginkan anaknya menjadi yang terbaik dan sukses. Akan tetapi dalam mencapai impian tersebut mengalami proses yang amat panjang. Yaitu pendidikan formal dan pendidikan informal (lingkungan).
    
2.      Pendidikan formal.
Pendidikan formal adalah suatu kegiatan mendidik yang dilakukan oleh seorang guru disekolah mulai dari Pendidikan Usia Dini, Tika (RA), Sekolah Dasar, SMP (sederajat), SMP (sederajat), dan Perguruan Tinggi (S1, S2, S3). Dalam hal pendidikan formal ini pastinya membutuhkan biaya yang sangat banyak (mahal). Tidak semua orang dapat mencapai pendidikan yang tinggi. Dan tidak menutup kemungkinan, (dinegara kita), masih ada yang tidak tahu tulis baca (keris makan kaca = tidak tahu nulis, tidak tahu baca). 
3.      Pendidikan nonformal.
Pendidikan nonformal adalah suatu proses kegiatan pendidikan yang dilakukan diluar sekolah diantaranya ialah KF (Keaksaraan Fungsional), Paket A, Paket B, Paket C, UT (Universitas Terbuka). Yang tergolong Pendidikan nonformal yang lain adalah ektrakurikuler. Misalnya Pramuka, PMR, PMI, PA (Pencinta Alam), dan lain sebagainya.

Setelah mengalami berbagai proses, baik pendidikan informal, formal, dan nonformal, orang tersebut akan diakui secara mutlak oleh pemerintah atau oleh masyarakat. Jika seseorang yang lulusnya hanya berijazahkan Paket (A, B, C) dia juga berhak untuk melanjutkan kejenjang yang lebih tinggi. Karena lulusan paket juga diakui oleh pemerintah. Jadi Paket B dan Paket C juga bisa Sarjana (S1).
Share To:

ANTS EDUCATION

Post A Comment:

0 comments so far,add yours