Kamis, 15 Januari 2015

Nostalgia di Kampus STIT Syarif Abdurrahman Singkawang: Sugianto, S.Pd.I


Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah (STIT) Syarif Abdurrahman Singkawang didirikan pada tanggal 25 Agustus 1988. Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah (STIT) Syarif Abdurrahman Singkawang mempunyai VISI, yaitu “Menciptakan Guru Pendidikan Agama Islam yang profesional, bertaqwa, dan berakhlaq mulia”. Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah (STIT) Syarif Abdurrahman Singkawang, merupakan Lembaga Pendidikan Agama Islam yang membina Lulusan SLTA (Madrasyah & SMA Sederajat) untuk menjadi Guru Pendidikan Agama Islam yang profesional dengan jenjang Program Strata Satu (S1).

Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah (STIT) Syarif Abdurrahman Singkawang merupakan Lembaga Pendidikan Agama Islam pertama di Kota Singkawang, Sambas, dan Bengkayang (Singbebas). Beberapa tahun yang lalu tepatnya pada tahun 2008, aku hijrah dari Sambas ke Singkawang untuk kuliah memperdalam ilmu agamaku. Sebenarnya, bekal ilmu agamaku dari kedua orang tuaku dan guruku di kampung sudah lumayan cukup untuk mengembara. Akan tetapi secara kualifikasi pendidikan, aku tidak punya. Aku hanyalah seorang lulusan Paket C. Apakah Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah (STIT) Syarif Abdurrahman Singkawang ini mau menerima calon mahasiswa yang hanya lulusan Paket C?

Setelah mendaftar, ternyata aku lulus. Tidakku sangka aku bisa lulus dan dapat kuliah di Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah (STIT) Syarif Abdurrahman Singkawang ini. Setelah lulus yang aku kwatirkan adalah Ospeknya. Karena aku tidak sehat, aku cacat (desbilitas tulang belakang=bongkok). Untung saja waktu itu secara nasional ospek dilarang dan waktu itu bertepatan bulan puasa (Ramadhan). Jadi ospeknya diganti seperti pesantren kilat gitulah. Setiap mahasiswa turun kelapangan dengan kelompoknya masing-masing yang sudah ditunjuk oleh lembaga.

Alhamdulillah, dalam waktu 3,5 tahun, aku dapat menyelesaikan kuliahku. Pada tanggal 29 April selesai skripsi dan sidang munaqosah, tanggal 12 bulan Oktober 2012 aku wisuda. Kini aku sudah menjadi sarjana dengan nama lengkap “Sugianto, S.Pd.I”.
Nama-nama Dosen yang pernah mengajari aku adalah:
  1. Drs. H. Haltami, M.Ag                                 
  2. Drs. Rustam, M.Ag
  3. Drs. Marsih, M.Ag
  4. Drs. Makruf, M.Ag
  5. Drs. Sugianto, M.Ag
  6. Dra. Istiqomah, M.Ag
  7. Dra. Khairawati, M.Pd
  8. Dra. Yusdiana, M.Si
  9. Drs. Jasmani, M.Pd
  10. Drs. Mukhlis Budiman, MH
  11. Drs. H. Umar Anshorie
  12. Drs. H. Nurdi
  13. Drs. H. Muzaharuddin Akib, M.Pd, dan lain-lain.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...