Pohon beringin sebagaimana yang kita ketahui adalah sebuah pohon yang besar dan rindang. Biasanya orang melayu menyebutnya dengan pohon kayu are atau pohon kayu jawai. Pohon beringin ini, jika kita perhatikan banyak makhluk-makhluk astral yang suka menempati pohon ini. Mungkin karena pohon ini rindang dan dingin. Jadi aman untuk berlindung dan berteduh dari hujan dan terik sinar matahari. “Hantu kok gitu ya”.

 
beringin kota singkawang

Begitulah adanya, jika pohon sangat rindang. Pasti akan dihuni oleh berbagai makhluk ghaib dan nyata. Begitu juga halnya dengan pohon beringin yang tumbuh ditengah Kota Singkawang, tepatnya diperempatan jalan Ponegoro. Berdasarkan cerita oleh Jemi Haryanto bahwa ia pernah megalami hal yang aneh pada dirinya. Yaitu kemaluannya membusuk setelah kencing secara tidak sengaja dipohon tersebut (kisahnya sudah lama). Kami hanya ingin mengingatkan bahwa hati-hatilah jika ingin buang air. Karena disekelling kita ada makhluk lain ciptaan Allah yang tidak suka dengan ulah kita tersebut.

 

Beberapa cerita lain yang sumbang mengenai pohon beringin tersebut, konon katanya dari beberapa orang yang lewat larut malam, sering (kadang-kadang) melihat penampakan yang aneh. Entah apa gerangannya. Jika kita ingin membuktikan kebenarannya, mari kita teliti sama-sama apakah cerita tersebut benar adanya atau hanya mainan mereka yang sering keluar malam. Penglihatan mereka mungkin kacau disebabkan oleh minuman yang beralkohol.

 

Namun, kemistikan pohon tersebut tetap ada. Percaya tidak percaya “ana percaya”. Intinya adalah jangan buang air besar atau kecil sembarangan, permisi dulu jika ingin buang hajat kepada penunggu yang ada ditempat tersebut. Serapahnya seperti  di bawah ini:

 

“Tok…. Nek… permisi, anak cuccok nak numpang kancing, karne dah ke daddas-san tok e Tok”

 

Nah, seperti itulah kira-kira serapahnya, jika kita artikan ke dalam bahasa Indonesia seperti ini “Tok, Nek permisi, anak cucu numpang kencing, karena anak cucu sudah tidak tahan lagi Tok”. Gitu dech “kebelet pipis Tok”.

 


Share To:

ANTS EDUCATION

Post A Comment:

0 comments so far,add yours