Jumat, 01 Mei 2015

Contoh Ceramah Maulid Nabi Muhammad Saw


Waktu terus berjalan, sebentar lagi kita akan memperingati hari besar umat Islam yaitu hari Maulid Nabi Muhammad saw. 1435 H, yaitu pada hari Selasa tanggal 14 Pebruari 2014. kali ini penulis akan memberikan contoh ceramah Maulid Nabi Muhammad saw. Semoga artikel ini bermanfaat, selamat membaca.

Auzubillahi minassyaitonorrozim, bismillahi rohmanirrohim, asssalamu alaykum warohmatullahi wabarkatuh, robbis rohli sodri, wayassirli amri, wahlul ukhdatan minlisani, yafkohu qowli. Amma bakdu.
Bapak/ibu para undangan yang dirahmati oleh Allah swt. Pada hari ini kita berkumpul di masjid Jami’ ini dalam rangka memperingati hari besar Muhammad saw. Karena beliaulah yang telah membawa umat manusia dari kegelapan menjadi kehidupan yang terang benderang. Syukur kita ucapkan kepada Allah Swt. Yang mana DIA telah mengutus Rasulnya buat umat sekalian alam. Pada kesempatan kali ini, ceramah saya berjudul “keteladanan Rasulullah diaflikasikan dalam kehidupan sehari-hari”.

Pemirsa yang berbahagia, Rasulullah Saw adalah suri tauladan yang baik, yang patut dicontoh atau ditiru apa yang telah dilakukannya, atau apa yang telah diperbuatnya. Bagaimana ia makan, bagaimana ia minum, bagaimana Ia menjadi pemimpin dan memimpin, bagaimana Ia menjadi seorang suami yang baik, pengertian, adil, bijaksana, jujur, amanah, patonah, siddik, dapat dipercaya, tablik, rajin beribadah, baik yang sunat, apalagi yang wajib.

Pada kenyataannya kita, secara umum ya, bukan meledk atau apa, yang kita contoh ini, ini buat laki-laki ni, mencontoh yang enak nya saja, apa itu? Kawin banyak, lebih dari satu, iya jika mampu, ini mampu seknya saja, akan tetapi adilnya, bijaksana-bijak sini nya, pengertiannya, nafkahnya, jauh panggang dari api. Susah sekali untuk menemukan orang-orang yang bermadu menjadi akur dan adil.

Pendek kata, apapun yang dilakukan atau yang diperbuat oleh Nabi Muhammad patut kita contoh. Misalnya minum, Beliau menyuruh kita minum harus duduk, akan tetapi kita “berdiri” atau sambil berlari, atau berjalan, dan lain sebagainya. Padahal jika diteliti, minum sambil berdiri itu tidak baik, karena air langsung menuju ginjal, tanpa disaring terlebih dahulu. Jika kita duduk, maka klep akan menyaring air, agar bersih masuk ke ginjal. Dan banyak lagi contoh yang lainnya.

Cuma ini yang dapat saya posting sob, nanti diuraikan sendiri, karena banyak contoh lain yang tidak kita aflikasikan dalam kehdupan sehari-hari. Jangan sampai agama lain atau orang lain yang mencontoh ajaran atau syariat agama Islam.

Salam penulis,

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...