Jumat, 01 Mei 2015

Contoh Ceramah Isra Mik'raj Nabi Muhammad Saw


Waktu terus berjalan, sebentar lagi kita akan memperingati hari besar umat Islam yaitu hari Isra Mikraz Muhammad saw. 1435 H, yaitu pada hari Minggu tanggal 25 Mei tahun 2014. Dalam kesempatan kali ini penulis akan memberikan contoh ceramah Isra Mikraz Muhammad saw. Semoga artikel ini bermanfaat buat kita semua, selamat membaca.

Auzubillahi minassyaitonorrozim, bismillahi rohmanirrohim, asssalamu alaykum warohmatullahi wabarkatuh, robbis rohli sodri, wayassirli amri, wahlul ukhdatan minlisani, yafkohu qowli. Amma bakdu.

Bapak/ibu para undangan yang dirahmati oleh Allah swt. Pada hari ini kita berkumpul di masjid raya Al-Manar Kecamatan Tebas ini dalam rangka memperingati hari besar umat Islam yaitu hari Isra Mikraz Nabi Muhammad saw. Karena Beliaulah yang telah membawa umat manusia dari kegelapan (jaman jahiliyah suatu jaman kebodohan) menjadi kehidupan yang terang benderang. Syukur kita ucapkan kepada Allah Swt. Yang mana DIA telah mengutus Rasulnya buat umat sekalian alam. Pada kesempatan kali ini, ceramah saya berjudul “Isra Mi’raz diaflikasikan dalam kehidupan sehari-hari”.

Bapak/ibu saudara saudari dan pemirsa yang berbahagia, Rasulullah Saw adalah suri tauladan yang baik, yang patut dicontoh atau ditiru apa yang telah dilakukannya, atau apa yang telah diperbuatnya. Rasulullah saw mendapatkan perintah sholat melalui isra dan mi’raz. Isra dan mi’raz ini perintah sholat di dapat oleh Nabi sendirian tanpa perantara malaikat Jibril. Sedangkan dulu, biasanya malaikat Jibrillah yang telah menyampaikan wahyu kepada Nabi Muhammad saw.

Pada kesempatan kali ini, berdasarkan judul di atas, maka aplikasi sholat dalam kehidupan kita sehari-hari adalah; mencegah perbuatan keji, kita tidak akan melakukan perbuatan-perbuatan yang dilarang oleh agama (Allah swt) tentunya. Karena sholat ini dapat mencegah perbuatan keji dan mungkar.

Perlu diketahui pemirsa, sesungguhnya jika kita ketahui bahwa sholat itu seumpama kita olahraga. Setelah dilakukan penelitian bahwa, setia dari gerakan sholat itu ternyata mengandung hasiat yang ampuh untuk penyakit. Dan pula mempunyai arti atau makna tersendiri dari setiap gerakan antara makhluk dan Sang Khalik.

Maka para jamaah sekalian, jangan tinggalkan sholat ini, karena sholat ini adalah tiang agama. Dan pula amal yang paling pertama sekali ditanya oleh Allah swt, adalah sholatnya. Rasulullah saw. berpesan kepada umatnya “sholatlah kamu sebagaimana aku sholat”. Maka kenapa kita tidak sholat? Sedangkan Rasulullah saw saja, yang sudah mendapat jaminan surga dari Allah swt. Ia tetap saja sholat sebagawi suatu wujud penghormatan kepada Sang Khalik.

Cuma ini yang dapat saya posting sob, nanti diuraikan sendiri, karena banyak contoh lain yang tidak kita aflikasikan dalam kehdupan sehari-hari. Jangan sampai agama lain atau orang lain yang mencontoh ajaran atau syariat agama Islam.
Salam penulis,

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...