Jumat, 01 Mei 2015

Buat Apa Memperingati Isra’ Mi'raj Nabi Muhammad Saw?


Sebagaimana yang kita ketahui bahwa Isra’ Mi’raz diperingati setiap tanggal 27 Rajab tahun Hijriyah. Pada tahun ini, Insya Allah Isra’ Mi’raz jatuh pada hari Minggu pada tanggal 25 Mei 201.... Kata Isra dan Mi’raz tidak asing lagi ditelinga kita. Akan tetapi tahukah kita apa itu Isra’? Isra’ adalah perjalanan Rasulullah saw. pada malam hari dari Mekkah ke Palestina. Sedangkan Mi’raz adalah perjalanan Rasulullah saw. naik ke langit atau Sidratul Muntaha.

Setiap tahunnya kegiatan atau acara Isra’ dan Mi’raz Nabi Besar Muhammad saw kita peringati. Bahkan peringatan hari Isra’ Mi’raz ini dilakukan dibeberapa negara dibelahan dunia. Dengan di Isra’ Mi’razkannya Nabi Muhammad SAW. oleh Allah swt. tiada lain adalah untuk menerima wahyu berupa sholat. Sedangkan perintah sholat waktu itu diterima Nabi Muhammad saw. sebanyak 50 kali dalam sehari semalam. Karena lobian Nabi Muhammad saw. maka jumlah sholat yang 50 kali dalam sehari semalam itu menjadi lima.

Sangat beruntung dan bertuahlah kita karena mendapatkan Nabi yang selalu memikirkan ummatnya. Nabi Muhammad saw. adalah seorang utusan Tuhan untuk membetulkan akidah atau tingkah laku perbuatan manusia yang sudah rusak hidup dalam suatu jaman kebodohan (jahiliyah).

Berdasarkan judul di atas “Buat Apa Memperingati Isra’ Mikraj Nabi Muhammad Saw?”, adalah karena dengan memperingati Isra dan Mi’raz kita dapat mengetahui sejarahnya tentang sholat. Kita dapat mengetahui untuk apa kita sholat. Kita dapat mengetahui khasiat dari ibadah sholat, kita dapat mengetahui perjuangan seorang Nabi yang memperjuangkan tentang ibadah ummatnya dikemudian hari berdasarkan saran-saran dari Nabi yang lainnya. Kita dapat mengetahui tentang peristiwa-peristiwa atau kejadian di alam ghaib mengenai dineraka dan di surga. Dam banyak lagi yang dapat kita ketahui.

Oleh sebab itulah, mengapa kita harus Memperingati Isra’ Mikraj Nabi Muhammad Saw. tidak dipaksakan bagi siapa saja yang tidak mau melaksanakan atau memperingati Isra’ dan Mi’raz ini. Dengan alasan tidak ada tuntunan dari Nabi Muhammad saw. tidak ada anjuran atau perintah dari Rasulullah saw. tujuan lain adalah agar generasi penerus dapat mengetahui tentang sejarah sholat dan perjuangan seorang Nabi yang begitu mulia.

 
 

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...