Perbedaan antara umat Islam dengan umat yang lainnya (Katolik, Protestan, Buddha, Hindu, Konghucu) adalah pada sholatnya. Apakah kita mengetahui bahwa semua makhluk yang diciptakan oleh Allah swt. ini “sholat”?. Namun, sholat mereka berbeda dengan manusia (umat Islam). Perhatikan firman Allah swt. dalam Al-Quran surah An-Nur ayat 41 yang artinya “Tidaklah kamu tahu bahwasanya Allah: kepada-Nya bertasbih apa yang di langit dan di bumi dan (juga) burung dengan mengembangkan sayapnya. Masing-masing telah mengetahui (cara) sembahyang dan tasbihnya*, dan Allah Maha Mengetahui apa yang mereka kerjakan” (An-Nur: 41). Keterangan* Masing-masing makhluk mengetahui cara shalat dan tasbih kepada Allah dengan ilham dari Allah.

Berdasarkan ayat di atas, dapat kita ketahui bahwa semua makhluk yang diciptakan oleh Allah di dunia ini sholat dan beribadah kepada Allah swt. Akan tetapi cara sholat dan ibadah mereka hanya Tuhan-lah yang tahu sesuai dengan apa yang diilhamkan oleh Allah swt. kepada mereka.

Sholat dalam ajaran agama Islam adalah tiang agama, barang siapa yang tidak sholat berarti ia telah merobohkan agama. Karena perbedaan agama Islam dengan agama lain dapat dilihat dari sholatnya. Dan sholat itu pula mencegah perbuatan keji dan mungkar. Lihatlah firman Allah dalam Al-Quran surah Al-Ankabut ayat 45 yang artinya “Bacalah apa yang telah diwahyukan kepadamu, yaitu Al Kitab (Al Quran) dan dirikanlah shalat. Sesungguhnya shalat itu mencegah dari (perbuatan- perbuatan) keji dan mungkar. Dan sesungguhnya mengingat Allah (shalat) adalah lebih besar (keutamaannya dari ibadat-ibadat yang lain). Dan Allah mengetahui apa yang kamu kerjakan” (Al 'Ankabuut: 45).

Dengan sholat kita dapat terhindar dari perbuatan keji dan mungkar. Kita akan senantiasa berbuat baik dengan izin Allah dan ridho-Nya. Dengan demikian maka kita akan mendapatkan cucuran rahmat dan hidayah dari Allah Subhanahu Wata’ala, dan kita akan dimasukkan ke dalam sorga-Nya (Insya Allah).
Share To:

ANTS EDUCATION

Post A Comment:

0 comments so far,add yours