Alangkah bahagianya Umat Islam apabila lebaran menjelang, apalagi umat Islam merayakan hari Lebaran tiga kali dalam setahun, diantaranya lebaran Syawal atau Lebaran Puasa, yang dilaksanakan pada 1 hari bulan Syawal. Kemudian lebaran Haji, yang bertepatan pada bulan haji, yaitu pada 10 hari bulan haji (atau pada tangggal 10 hitungan kalender Arab (Islam). Sedangkan yang ketiga adalah lebaran tahun baru hijriah atau lebaran bulan Muharram yang dilaksanakan 1 hari bulan pada bulan Muharram.

Sebelum merayakan hari raya Idul Fitri atau hari Raya Idul Adha, seluruh Umat Islam di dunia akan melaksanakan sholat hari raya Idul Fitri dan Idul Adha terlebih dahulu. Kadang-kadang bilal (pada salah satu masjid yang ada di Kabupaten Sambas), akan mengingatkan berapa kali takbir untuk sholat sunat Idul Fitri atau untuk sholat sunat Idul Adha.

Nah, untuk itu makanya penulis ingin berbagi mengenai jumlah takbir atau tata cara sholat Idul Fitri dan sholat sunat Idul Adha, dibawah ini......

Tata Cara Pelaksaan Shalat Idul Fitri adalah sebagai berikut:

  1. Berjamaah
  2. Takbir 7 kali pada raakat ke-1 dan 5 kali pada rakaat ke-2
  3. Mengangkat tangan stinggi bahu pada setiap takbir
  4. Pasca takbir yang kedua sampai takbir yang terakhir membacah tasbih
  5. Membaca surat Qaf pada rakaat ke-1 dan surat al-Qomar pada rakaat ke-2, atau surat A’la dirakaat 1 dan surat Al-Ghasiyah pada rakaat 2
  6. Imam menjaharkan Bacaannya
  7. khutbah 2 kali pasca shalat ied
  8. Mandi, berhias, memakai pakaian sebaik-baiknya.
  9. Makan terlebih dahulu pada shalat Idul Fitri.

Sedangkan tata cara untuk sholat Idul Adha adalah sebagai berikut:
  1. Berjamaah
  2. Takbir 9 kali pada raakat ke-1 dan 7 kali pada rakaat ke-2
  3. Mengangkat tangan stinggi bahu pada setiap takbir
  4. Pasca takbir yang kedua sampai takbir yang terakhir membacah tasbih
  5. Membaca surat Qaf pada rakaat ke-1 dan surat al-Qomar pada rakaat ke-2, atau surat A’la dirakaat 1 dan surat Al-Ghasiyah pada rakaat 2 (atau terserah surah apa maunya) yang penting ada surah pendeknya. Mau surah annas atau surah al-lahab juga boleh.
  6. Imam menjaharkan Bacaannya
  7. khutbah 2 kali pasca shalat ied
  8. Mandi, berhias, memakai pakaian sebaik-baiknya.
  9. disunatkan tidak makan terlebih dahulu, setelah datangnya baru makan lontong sesuai selera pada shalat Idul Adha.

Demikainlah ulasan atau materi dari “tata cara sholat idul Fitri dan idul Adha dari saya selaku penulis WibeSite Cakra Wawasan. Semoga artikel yang kami buat bermanfaat bagi kita semua, apalagi para pelajar Sd, SMP, serta SMA, dan tidak menutup kemungkinan para mahasiswa dan masyarakat luas pada umumnya.

Akhirnya, izinkan saya untuk mengucapakan “Allahu Akabar Allahu Akbar, Allahu Akabr wallilahiham…… Minal ‘Aidin wal Fa-izin, Mohon Maaf Lahir dan batin”.

Share To:

ANTS EDUCATION

Post A Comment:

0 comments so far,add yours