Setelah adik-adik siaga, penggalang, penegak, dan kakak pandega serta pembina membaca pantun pramuka edisi ketiga, kali ini akan penulis suguhkan pantun pramuka edisi keempat, yang terdiri dari empat bait pula.

Mudah-mudahan setelah membaca pantun Pramuka yang pertama dan berikutnya, pemirsa di dunia maya khususnya adik-adik pramuka, menyukai isi dari pantun pramuka tersebut. Mari dilanjutkan untuk membaca pantun pramuka yang edisi berikutnya.

Inilah bait-baitnya:

Harimau Sumatra belang warnanya
Punah sudah akibat manusia
Dasa Darma amalan pramuka  
Semua itu bukan ucapan saja

Sudah lama duduk di bangku   
Sampailah habis sekaleng susu
Buktikanlah ucapanmu itu
Mari majukan pramuka di negerimu

Badak Sumbu bercula satu
Berjalan lamban melanggar batu
Ayolah temanku kita maju  
Mari kuatkan semangat yang ada di dadamu

Sungguh enak ketela rambat
Ditanam orang di tanah Cina
Janganlah gentar dan janganlah takut
Ayo maju demi bangsa dan pramuka  

Karya: Sugianto, S.Pd.I

Nah, adik-adikku yang cantik dan ganteng-ganteng, kalian sudah membacakan pantuk yang ke empat ini. Mudah-mudahan kalian juga menyukai isinya sebagaimana pantun-pantun yang terdahulu. Penulis menyadari bahwa penulis bukanlah seorang sastrawan, atau seorang pujangga. Penulis hanyalah seorang pecundang yang selalu tersisihkan. Makanya penulis memnulis apa saja yang bisa penulis tuangkan dalam bentuk tulisan.

Penulis harapkan kepada pembina-pembina yang ada diseluruh Indonesia, menjadi pembina yang lebih baik lagi dari yang sekarang. Semoga bermanfaat.....

Share To:

ANTS EDUCATION

Post A Comment:

0 comments so far,add yours