Tidak semua orang (umat Islam) pernah melakukan aqiqah atau melakukan qurban. Akan tetapi, apa yang dihati mereka, mereka pengen melakukan aqiqah dan melaksanakan qurban. Akan tetapi dan apakan daya, nasib tidak memihak kepada mereka. Kadang-kadang yang berduit, tidak mau untuk melakukan qurban dan aqiqah, sedangkan orang yang tidak punya, orang yang miskin, orang yang tidak mampu dari finansial (ekonomi) mereka melakukan qurban, mereka melaksanakan aqiqah.

Baru-baru ini kita dengar dan kita lihat dimedia cetak atau dimedia elektronik, seorang nenek miskin berqurban. Jika orang yang kaya, seperti SBY, dan lain-lain sebagainya, mungkin wajarlah. Akan tetapi bagi yang telah berkurban, jangan riya atau pamer, karena semua itu akan sia-sia amalannya.

Menegenai judul di atas, akan kami jelaskan perbedaan antara aqiqah dan kurban. Aqiqah adalah menyembelih binatang ternak yang berupa kambing pada hari ke tujuh dari hari kelahiran anak laki-laki maupun anak perempuan sebagai ucapan rasa syukur kepada Allah swt. atas kelahiran anak tersebut, dimana pada itu anak yang baru dilahirkan itu diberi nama yang baik dan dipotong rambut kepalanya.

Nah, itulah defenisi dari aqiqah. Sekarang mari kita lihat apa makna dari kurban itu sendiri. Qurban adalah “menyembelih binatang ternak pada hari raya idul Adha dan pada tiga hari Tasrik (yaitu tanggal 11, 12, dan 13 Dzulhijjah) dengan tujuan hanya semata-mata untuk mendekatkan diri kepada Allah atau beribadah kepada Allah swt.

Untuk lebih jelasnya silakan klik di “Aqiqah Dan Kurban Jangan Disamakan”. Jika sudah membaca artikel di atas dan artikel “Aqiqah Dan Kurban Jangan Disamakan”, maka sangat jauh berbeda antara aqiqah dan qurban, sedangkan dipedesaan sering terdengar persamaan antara aqiqah dan qurban. Jika anak sudah gede’ itu namanya qurban, jangan lagi dibilang aqiqah, niat ya niat lah, akan tetapi yang logika aja, jangan asal niat. Bapaknya udah umur 40an, eh mau aqiqah buat dia, emang ada haditsnya, aqiqah sudah tua, atau usia anak sudah 13/14 tahun bagi yang laki-laki ketika mau disunat, dibilang aqiqah-an acara syukuran sunat-annya. Lucu banget, iya kan.

Semoga bermanfaat.............
Share To:

ANTS EDUCATION

Post A Comment:

0 comments so far,add yours