Pemirsa, baik yang ada di dunia ghaib ataupun di dunia nyata, (seperti Mr. Tukul Jalan-jalan aja), kita menyadari bahwa umur adalah rahasia Allah,


Hikmah Tahun Baru Islam atau Tahun Baru Hijriah
Hikmah Tahun Baru Islam atau Tahun Baru Hijriah
Pemirsa, baik yang ada di dunia ghaib ataupun di dunia nyata, (seperti Mr. Tukul Jalan-jalan aja), kita menyadari bahwa umur adalah rahasia Allah, panjang-pendeknya umur kita telah ditentukan-Nya sejak zaman azali. Karena itulah, mari kita senantiasa bersiap-siap dengan bekal yang kita perlukan untuk kebahagian hidup kita di dunia dan hidup kita di akhirat kelak. Janganlah kita sia-siakan umur kita, yakni dengan berfoya-poya, atau berbuat yang tidak-tidak, lebih baik kita meningkatkan ibadah dan taqwa kita. Mari kita isi sepanjang umur kita dengan perbuatan yang terpuji, baik amaliah yang berhubungan langsung dengan Sang Maha Pencipta maupun mu’asyarah antara sesama makhluk Allah swt.

Berdasarkan uraian di atas, karena ini adalah tahun baru hijriah 1345 H, yang pastinya umur kita semakin bertambah. Namun, dengan bertambahnya umur kita, apakah dosa atau pahala kita yang bertambah di tahun berikutnya?. Mari kita saling introspeksi diri, agar kehidupan kita akan lebih baik lagi. Pada kesempatan kali ini akan penulis sajikan “Hikmah Tahun Baru Islam atau Tahun Baru Hijriah”. Hikmah Tahun Baru Islam atau Tahun Baru Hijriah itu diantaranya ialah:

  1. kita telah memperoleh tambahan nikmat umur.
  2. tahun baru ini dapat menjadi neraca perbandingan antara amal dan dosa yang telah kita lakukan.
  3. kita dapat mengoreksi kekurangan dan kesalahan dengan niat menambah serta memperbaiki kesalahan kita pada tahun yang lalu.
  4. tahun baru ini, dijadikan titik tolak peningkatan amal kebaikan, juga sebagai akhir dan penyesalan segala tingkah salah.

Itulah empat hikmah tahun baru Islam yang dapat kita ambil, dan semoga Allah swt. akan lebih banyak mencurahkan rahmat dan hidayah-Nya kepada kita semua. Karena kepunyaan Allah-lah kerajaan langit dan bumi, dan Allah Maha Perkasa atas segala sesuatu. Sesungguhnya dalam penciptaan langit dan bumi, dan silih bergantinya malam  dan siang terdapat tanda-tanda bagi orang-orang yang berakal. Allah swt telah memberikan tanda kepada kita akan segala nikmatnya, akan segala rahmatnya, dan begitu pula dengan muharram ini, banyak sekali hikmah yang dapat kita petik dari Tahun Baru Hijriah ini.

Share To:

ANTS EDUCATION

Post A Comment:

0 comments so far,add yours