Bulan Muharram Rajab, Zulqaedah dan Zulhijjah adalah bulan-bulan yang dihormati dan dalam bulan-bulan tersebut tidak boleh diadakan


Bulan Muharram Adalah Tahun Baru Hijriah
Tahun Baru Hijriah
Bulan Muharram Rajab, Zulqaedah dan Zulhijjah adalah bulan-bulan yang dihormati dan dalam bulan-bulan tersebut tidak boleh diadakan peperangan. Tetapi peraturan ini telah dilanggar oleh kaum kafir pada masa dahulu, mereka dengan mengadakan peperangan di bulan Muharram, dan menjadikan bulan Safar sebagai bulan yang dihormati untuk pengganti bulan Muharram itu. Sedangkan bilangan bulan yang disucikan yaitu, empat bulan juga. Tetapi dengan perbuatan itu, tata tertib di Jazirah Arab menjadi kacau dan lalu lintas perdagangan terganggu. Itulah masa jahiliyah. Sekarang ini, tahun baru muharram tidak dirayakan oleh umat Islam, hanya biasa-biasa saja. Sedangkan, jika tahun baru Masehi, berbondong-bondonglah mereka ke tempat-tempat rekreasi dan berpesta pora hingga semalam suntuk bahkan ada yang telah mengorbankan dirinya hanya demi kepuasan sesaat.

Tahun baru Islam, atau dengan nama lain adalah bulan Muharam, adalah bulan yang mulia, pada bulan ini, dilarang untuk berperang. Jika dikampung-kampung yang masih mempercayai adapt atau budaya dilaingkungan mereka, maka pada hari itu mereka tidak bekerja, mereka hanya diam di rumah, santai, dan ngobrol bersama teman atau tetangga. Membuat kue sedikit untuk tamu, atau membuat ketupat serta sirondeng (abon).

Bulan Muharram ini, alangkah bagusnya kita isi dengan tausiah, santapan rohani, atau ceramahan dari Pak Ustadz atau Pak Kiyai. Kita undang mereka datang ke tempat kita, agar Pak Ustazd memberikan nasehat atau wejangan kepada kita, bagaimana bisa kaya dan bahagia dunia dan akhirat.

Nah, sekarang pasti sudah tahu khan……….. “bulan Muharram adalah tahun baru Hijriyah”
Share To:

ANTS EDUCATION

Post A Comment:

0 comments so far,add yours