Jumat, 18 Desember 2015

Contoh Kata Sambutan Ulang Tahun Tai Pekong atau Kelenteng


Kelenteng Alianyang (Singkawang - Kalimantan Barat)
Pidato Kata Sambutan Ulang Tahun Tai Pekong atau Kelenteng (Vihara)
Selamat pagi dan salam sejahtera buat kita semua,
Demi Roh Suci Dewi Kwan Im yang mulia,

Yang terhormat Bapak Aceng,
Yang terhormat bapak/ibu para undangan tokoh masyarakat bukit batu singkawang, yang berbahagia, pada hari ini adalah hari ulang tahun Kelenteng kita yang ke 100. Berarti Kelenteng kita sudah seabad lamanya. Banyak pula manusia yang telah disadarkannya. Banyak pula manusia yang telah masuk sorga menemui Dewi. Banyak pula diantara kita yang sudah menjadi kaya, dan banyak pula kawan-kawan kita yang telah menyumbangkan hartanya buat Vihara atau kelenteng kita ini, yang orang sebut dengan Tai Pekong (rumah besar).

Pada hari ini, jika masih ada diantara kita yang bergelimang dengan dosa, cepat-cepatlah mohon ampunan Tuhan, Ia akan mengampunkan dosa-dosa kita semua, karena dia Maha Pengampun dan Penyayang.

Bicaralah pada Dewi atau Dewa-dewa kita (Tuhan), jangan malu atau sungkan untuk meminta kepadanya, katakana apa yang ingin kau katakana, Tuhan pasti mendengar keluh kesahmu, dalam acara ulang tahun inilah Ia akan mengabulkan do’a-do’amu, ia akan mengabulkan segala permintaanmu, ia akan memperkenankan apa yang engkau hajatkan. Misalnya kau ingin kaya, ingin minta istri, ingin minta pekerjaan, minta suami yang kaya, mau keluar begeri, mau jadi artis atau apa saja dan sebagainya.

Katakanlah jangan kau malu dan ragu, sang Dewi akan memberkatimu. Dulu Rumah Dewi (Tuhan) ini kecil sekali, sekarang sudah megah dan kokoh, itu semua berkat bapak/ibu sekalian yang telah mengabdikan diri kepada Tuhan. Karena Tuhan selama ini telah mengabulkan do’a-do’a mereka, jika sudah ada yang dikabulkan jangan lupa untuk menyumbangkan hartanya buat rumah Dewi ini, agar rezekimu akan selalu bertambah dan berlipat-lipa banyaknya.

Tuhan akan membalas budi baik bapak/ibu sekalian. Bagi para undangan yang masih sendirian, maka katakana pada Tuhan pada hari ini, mintalah jodoh kepada-Nya, niscaya akan dikabulkannya permintaanmu. Mintalah pada Tuhan Dewi Kwan Im, ia akan memberkatimu.

Semoga Tai Pekong kita semakin besar dan umat semakin ramai, dan semoga apa yang dicita-citakan oleh kita dikabulkan Tuhan. Amin….

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...