Jumat, 29 Mei 2015

Apa Yang Ditunjuk Ketika Membaca Dua Kalimasyahat?


Dalam rukun sholat salah satunya terdapat membaca dua kalimasyahadat. Dua kalimasyahadat juga dilafazkan ketika seseorang masuk agama Islam. Dua kalimasyahdat atau sholat adalah pembeda agama Islam dengan agama samawi yang lainnya. Kalimat dua kalimasyahat adalah “ashaduallah ila haillallah... waashaduanna muhammadarrasulullah” yang artinya “aku bersaksi bahwa tiada Tuhan selain Allah, dan aku bersaksi bahwa Nabi Muhammad itu utusan Allah”.

Dua kalimasyahadat ini, dibaca lima kali sehari di dalam sholat wajib (fardu) pada rakaat terakhir. Dan jika seseorang menambah sholat dengan sholat sunnat yang lain, misalnya dhuha, hajat, tahyatul masjid, rawatib, dan lain sebagainya, maka banyak pulalah ia membaca kalimasyahadat ini. Banyak pulalah ia mengumpulkan pahala.

Dengan membaca dua kalimasyahadat ketika kita sholat, kita sambil menelunjukkan jari telunjuk ke depan. Dan ada pula yang sambil menggoyang-goyangkan telunjuk kanannya. Mengapa demikian? Apa yang ditunjuk ketika membaca dua kalimasyahadat?

Jawabnya adalah yang ditunjuk ketika membaca dua kalimasyahadat adalah “kuku”. Mengapa “kuku”? Karena kukulah yang ada ditelunjuk kita, bukan ada yang lain. Bukannya ada cincin ataupun yang lainnya.
Makna lain dalam menunjuk ketika kita melafazkan kalimah syahadat adalah:

  1. Sebagai persaksian kita kepada sang pencipta, bahwa Ia lah Allah Tuhan kita dan Nabi Muhammad itu utusannya untuk semua ummat yang ada di dunia.
(ket: kita sebagai manusia sesama manusia, jika berjanji dengan seseorang atau bersumpah dengan pejabat, maka kita akan mengepalkan tangan sambil meneriakkan macam-macam (tergantung organisasinya).
  1. Yang kedua, (sambil menggoyang-goyangkan telunjuk) adalah sebagai simbol mencambuk-cambuk setan-setan yang telah menggoda dan menyesatkan manusia ke dalam lembah kenistaan.
  2. Ketika jari telunjuk itu digoyang, itu juga sebagai simbol menulis kalimah syahadat secara batin (dengan hati nurani).
Berdasarkan tiga keterangan di atas, jadi anda pilih yang mana?

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...