sumber foto : pia-catatansebuahperjalanan.blogspot.com
Cara membuat / mengobati sakit tekanan darah tinggi atau hipertensi
Tekanan darah tinggi sangat umum terjadi di masyarakat, dan banyak juga yang kurang mengetahui obat-obatan alami yang dapat menurunkan tekanan darah tinggi. 

Masyarakat pada umumnya banyak mengonsumsi obat medis dalam menurunkan tekanan darah tinggi contohnya seperti captopril dan amlodipin yang biasa digunakan oleh  dokter dalam penanganannya.


Ada beberapa tanaman herbal dan tradisional yang dapat menurunkan tekanan darah seperti :
1. Daun Sirsak
Ambil 5 buah daun sirsak yang lebar, campurkan dengan 5 gelas air kemudian rebus hingga mendidih, kemudian minum 3 kali sehari  (habiskan dalam sehari)

2. Buah Belimbing
Makan 2 buah belimbing setelah makan sudah mampu menurunkan tekanan darah tinggi

3. Belimbing wuluh
Makan beberapah buah belimbing wuluh setelah makan juga sudah bisa menurunkan tekanan darah tinggi (jika anda punya sakit maagh tidak disarankan mengkonsumsi buah ini karena bersifat asam)

4.  Daun sop
5.  Jamur kuping / Kulat temiber / kulat temibir
Daun sop dan kulat temibber (bahasa sambas) atau jamur kuping ini sangat disarankan jika dimasak secara bersamaan, caranya :
Ambil 5 lembar daun sop kemudian dipotong-potong, rebus potongan daun sop tadi dengan jamur kuping hingga mendidih. Saat memasak ini Jangan dicampur dengan bumbu dapur lainnya seperti garam, mecin dan lain-lain.
Agar cepat menurunkan tekanan darah,  jamur kupingnya juga di makan serta minum air rebusannya…. Dari keempat cara diatas, tanaman herbal kombinasi daun sop dan jamur kuping terbukti lebih cepat menurunkan tekanan darah dibanding tanaman yang lainnya…. Jika di tempat anda sulit menemukan jamur kuping, gunakanlah tanaman herbal daun sirsak

Telah disampaikan 5 obat herbal dengan 4 cara pengolahannya. Jika anda ingin mengobati tekanan darah anda, jangan menggunakan kesemua cara diatas, cukup salah satu cara saja.
Setelah anda mengonsumsi obat herbal di atas anda harus melakukan cek tensi / tekanan darah agar tekanan darah anda tidak drop atau terlalu rendah yang biasa disebut hipotensi.

Anda juga harus mengetahui pantangan untuk penderita hipertensi atau tekanan darah tinggi :
  1. Garam
  2. Makanan asin : telur asin, mie asin, nasi asin, ikan asin
  3.  Telur : telur ikan, telur ayam, telur penyu sisik, telur itik dan segala bentuk telur (telur ini harus sama sekali tidak boleh dimakan oleh penderita tekanan darah tinggi atau hipertensi terutama di bagian kuning telur, karena mengandung kolesterol tinggi)
  4. Mie Instan : kandungan natrium pada mie dan kandungan garam serta natrium pada bumbu mie instan dapat dengan mudah memicu peningkatan tekanan darah.
  5. Makanan sea food :  kerang, udang, lobster, kepiting, ketam, sotong, cumi-cumi, gurita (ikan laut boleh dimakan)

Share To:

Basendra Samsul

Post A Comment:

0 comments so far,add yours