Selasa, 19 Mei 2015

Penetapan 10 Dzulhijjah 1436 H Sidang Isbat Pemerintah



Lebaran Hari Raya Idul Adha / Hari Raya Qurban / Hari Raya Haji Jatuh Pada Tanggal Berapa? Apakah Beda Dengan Muhamadiyah?
hari raya idul adha / Hari raya haji atau hari raya qurban sebentar lagi. Namun, apakah hari raya haji nanti akan berbeda lagi antara pemerintah dan muhamadiyah? Setiap hari-hari besar khususnya hari raya Idulfitri atau penetapan bulan Ramadhan ini, pemerintah dan Muhamadiyah ini tidak pernah satu paham. Mungkin ada yang pernah ya, akan tetapi kebanyakannya yang “tidak”, yang sering muncul atau yang “heboh”. Apakah tidak bisa dibijaksanai ya, atau bagaimana? Yang satu hari Senin, yang satu hari Minggu (contoh). Yang lain duduk, yang satu berdiri (contoh).  

Masyarakat awam yang bingung, mau ikut siapa? Pemerintah atau Muhamadiyah? Ikut dua-duanya aja kali ya.... namun, bagi masyarakat kecil, yang pastinya mengikut pemerintah, jika pemerintah bilang Senin, ya Senin, jika pemrintah bilang Sabtu, ya Sabtu. Pemrintah lebih tahu, mereka bekerja tidak sendirian, dari Sabang sampai Marauke.

Tak apalah, raya mau hari Minggu atau hari Senin, atau pula hari Selasa, semua itu tidak berpengarus kepadaku. Yang penting, jika banyak duit dan rezeki lebih, aku akan korban seekor sapi, buat ku korbankan dikampung halamanku yang jauh dari kebisingan kota. 

Di tahun ini pemerintah dan muhammadiyah sepakat untuk melaksanakan ibadah hari raya idul adha pada hari selasa tanggal 15 Oktober 2013. Penetapan tersebut dilakukan pad hari Sabtu petang pada tanggal  5 Oktober 2013 yang dihadiri oleh Ormas islam seluruh Indonesia.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...