Mandau adalah alat atau senjata ciri khas penduduk asli Kalimantan. Mandau ini dimiliki oleh suku dayak yang ada dipulau Kalimantan. Seorang panglima dari suku dayak, memiliki mandau yang amat sakti bahkan turun-temurun dari nenek moyang mereka. Mandau ini jika sudah lama dan dipelihara, hendaknya harus dibersihkan. Cara membersihkan mandau ini yang memiliki kekuatan magis atau supranatural berbeda dengan mandau yang biasa.
Cara membersihkan mandau:
  1. mandau biasa.
Cara membersihkan mandau biasa ini hanya dengan menyiramkan air putih, dan dibasuh dengan air sabun B-29, serta sabut kelapa atau penggosok lainnya, serta bahan pencuci lainnya, misalnya rinso, backline, dan lain-lainnya.

  1. mandau keramat atau mandau panglima.
Cara membersihkan mandau panglima yang mempunyai kekuatan magis atau supranatural ini, biasanya dengan menggunakan 7 macam kembang dengan warna; merah, putih, kuning, ungu, dan pink. Setelah itu pada malam Jum’at, sambil bakar kemenyan, sediakan limau nipis, pakaian harus rapi, suasana hening (sepi), atau sunyi, ada mantra-mantra tersendiri, waktunya bulan purnama (bisa juga, bagus itu), tengah malam, air bersih tujuh kali (sungai), sesuai dengan apa yang cocok pada mandau tersebut, apakah 7 kali, atau 3, atau 5 sungai. Setelah semuanya siap, maka bersihkanlah mandau tersebut dengan hati-hati tanpa bicara sedikitpun.

Itulah beberapa cara yang dilakukan oleh masyarakat Kalimantan dalam membersihkan mandau Kalimantan.
Share To:

ANTS EDUCATION

Post A Comment:

0 comments so far,add yours