Minggu, 02 Agustus 2015

Mengapa Berburu Ketupat Lontong Untuk Hari Raya Idul Fitri

Mengapa Berburu Ketupat Lontong Untuk Hari Raya Idul Fitri
Ketupat Lontong
Sepekan lagi umat Islam diseluruh dunia akan merayakan hari kemenangan, jika Muhamadiyah akan merayakan hari raya Idul Fitri sebelum pemerintah, karena Muhamadiyah mendahului satu hari dari pemerintah. Semua umat Islam diseluruh dunia akan merayakan dan membuat kue mueh yang enak dan sedap sekali untuk di santap atau dilahap di makan besama keluarga dan sanak saudara serta tetangga.

Mengenai makanan atau masakan dihari pertama pada saat lebaran Idul Fitri di Sambas Bumi Terigas atau Serambi Mekah adalah “lontong dengan kuah tumis kacang.” Jika didaerah lain kita akan menemukan adanya lemang, dodol, dan banyak lagi yang lainnya. Sehari sebelum lebaran yang disebut hari magang bagi masyarakat melayu Sambas, masyarakat Sambas pada sibuk berbenah (bekammas) rumah dan menyediakan kue-kue atau beli ayam dan daging untuk keesokan harinya (hari raya Id), serta sibuk pula membayar zakat fitrah kepada yang membutuhkan. Klik di sini ya Ketentuan Membayar Zakat Fitrah dan Untuk apa sih Zakat Fitrah itu?

Pada sehari lebaran, lontong ketupat sudah tersaji dimeja makan. Para keluarga yang datang dari sholat Id, setelah salaman dengan ayah dan bunda, mereka menyantap lontong yang enak rasanya. Tanpa lontong, terasa lebaran tidak meriah, bahkan ada pula yang membuat sate ayam atau sapi. Emmmmmh .............. enak.... lebaran lebaran lebaran hari kemenangan...... selamat hari raya Idul Fitri 1434 H, minal aidin walfaizin.......................

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...