Do’a adalah ucapan atau perkataan yang diucapkan atau dilafazkan yang domohonkan kepada Sang Pencipta Tuhan semesta alam. Setiap agama yang ada di dunia ini pasti memunajatkan do’a kepada Sang Pencipta. Manusia pada zaman dahulu sebelum mengenal adanya Tuhan (Allah) mereka menyembah patung atau berhala, pohon, gunung, dan bebatuan, serta banyak lagi yang mereka agung-agungkan. Jika seseorang berdo’a kepada Allah SWT, bisa menggunakan bahasa Arab atau bahasa sendiri sesuai dengan hati nurani dan kemauan kita.

Selama kita berdo’a, apakah kita mengetahui waktu-waktu yang tepat untuk berdo’a yang mustajab? Mungkin selama ini kita tidak mengetahuinya, maka dari itu kami mencoba untuk memberikan informasi kepada pemirsa waktu yang tepat untuk berdo’a.   

Waktu-waktu yang tepat dalam berdo’a diantaranya ialah Sepertiga akhir malam, Doa orang yang berpuasa & saat berbuka puasa bagi orang yang berpuasa, Doa sebelum salam ketika shalat & setiap selepas shalat fardhu, Pada saat perang berkecamuk, Sesaat pada hari jum’at, Pada waktu bangun tidur pada malam hari bagi orang yang sebelum tidur dalam keadaan suci dan berdzikir kepada Allah, Doa diantara Adzan dan Iqamah, Doa pada waktu sujud dalam shalat, Pada saat sedang turun hujan, Pada saat ajal tiba, Pada malam Lailatul Qadar, Doa pada hari Arafah, Pada waktu sahur, Setelah melontar Jumrah, Sepuluh hari pertama di bulan Dzulhijjah, Doa diantara Hajar Aswad dan pintu Ka’bah, Doa seorang muslim terhadap saudaranya dari tempat yang jauh, Orang yang memperbanyak berdoa pada saat lapang dan bahagia, Doa orang yang terzhalimi atau teraniaya, Doa Orang tua terhadap anaknya, Doanya seorang musafir, Doa orang yang dalam keadaan terpaksa, dan lain-lainnya.

Itulah beberapa waktu yang tepat dalam berdo’a, jika kita menginginkan do’a kita diijabah oleh Allah Subhanahu Wata’ala, maka lakukanlah beberapa cara sebagaimana di atas. Allah SWT, sudah berjanji di dalam Al-Qur’an yang artinya “berdo’alah kepada-Ku niscaya Aku kabulkan”dan apabila hamba-hamba-Ku bertanya kepadamu tentang Aku, Maka (jawablah), bahwasanya aku adalah dekat. aku mengabulkan permohonan orang yang berdoa apabila ia memohon kepada-Ku, Maka hendaklah mereka itu memenuhi (segala perintah-Ku) dan hendaklah mereka beriman kepada-Ku, agar mereka selalu berada dalam kebenaran (QS. Al-Baqarah: 186).

Namun setelah itu, jangan lupa untuk mengklik kiat-kiat do’a mustajab.
Share To:

Basendra Samsul

Post A Comment:

0 comments so far,add yours