Kamis, 15 Januari 2015

Tradisi Nujuh Likur, Penutup Bulan Ramadhan



sumber foto : sosbud.kompasiana.com
Bulan Ramadhan semakin berlalu, kini sudah satu minggu umat Islam melaksanakan ibadah puasa. Hari pertama puasa terasa lelah dan letih karena belum terbiasa, dan terkadang-kadang lupa bahwa hari ini puasa. Ada yang lupa langsung makan, merokok, minum dan lain sebagainya. Ibadah puasa sebenarnya melatih kita untuk menjadi yang terbaik, karena pada bulan yang mulia ini semua pada tubuh kita terjaga tak luput pula panca indera dan nafsu. Pada malam harinya di bulan Ramadhan, umat muslim melaksanakan qiyamul lail dan tadarusan di masjid-masjid dan di surau serta langgar atau di rumah (bagi yang tidak sempat untuk ke masjid).

Qiyamul Lail yang dilaksanakan pada bulan puasa ini adalah sholat tarawih dan sholat witir. Pada 10 malam pertama masjid terlihat penuh, 10 malam yang ke dua, masjid tinggal separo (setengah)nya saja, dan pada malam yang 10 terakhir, jama’ah semakin kurang. Filosofi  tersebut khususnya pada masyarakat Sambas dan sekitarnya, seperti kue pasung. Kue pasung adalah kue yang terbuat dari beras yang dikisar, dan diadon serta dimasukkan ke dalam pasung. Pasung adalah daun yang dibuat (diolah atau dibentuk) menjadi seperti kerucut dengan dikunci (disemat) menggunakan lidi yang diruncingkan agar airnya tidak jatuh (tumpah). Klik di sini “Uniknya tradisi kue pasong sebagai tanda penguatan diri”.

sumber foto : masukdapur.blogdetik.com
Biasanya penduduk setempat (Kabupaten Sambas tanah Terigas) membuat kue pasung tersebut pada nujuh likur (malam ke 27) Ramadhan. Tradisi nujuh likur ini, semua penduduk membuat pasung dan buka bersama di masjid-masjid atau surau. Masyarakat membaca do’a bersama dan berbuka bersama-sama, setelah itu sholat magrib berjama’ah. Tradisi nujuhlikur ini adalah penutup bulan Ramadhan di bumi terigas Kabupaten Sambas selain zakat fitrah. Kebiasaan masyarakat Kabupaten Sambas khususnya dan sekitarnya, untuk pelaksanaan membayar zakat fitrah biasanya setelah nujuhlikur (malam ke 27) bulan Ramadhan.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...