Masuk angin adalah penyakit yang diakibatkan oleh angin. Angin masuk ke dalam tubuh melalui pori-pori pada kulit tubuh dan meresap ke dalam tubuh kita. Gejala atau akibat dari masuk angin ini adalah mual, perut kembung, pusing, bersendawa, kentut, merasok (angin yang menusuk-nusuk tubuh). Dengan banyaknya gejala dari masuk angin ini, apakah ada solusi untuk penanggulangannya atau apakah ada tanaman obat bagi orang yang masuk angin?

Indonesia sangat terkenal sekali dengan rempah-rempahnya, dengan penghasil rempah itulah maka orang asing berdatangan ke Indonesia untuk menguasai tanah Indonesia. Rempah-rempah yang dihasilkan di Indonesia itu banyak sekali, diantaranya rempah untuk masak, rempah untuk berbagai penyakit, rempah kecantikan dan banyak lagi yang lainnya, termasuk tanaman obat untuk masuk angin.

Tanaman obat untuk masuk angin itu juga banyak sekali, diantaranya ialah:
1.            Singantut.
Singantut adalah tanaman menjalar mirip dengan kacang panjang berdaun hijau agak kecil dengan memiliki bau yang khas seperti kentut. Biasanya tumbuhan ini suka menjalar dipinggir-pinggir pagar. Cara mengobati masuk angin menggunakan tanaman singantut ini adalah dengan daunnya.  Daun singantut di pipis sekitar 5-10 lembar, setelah daun tersebut lumat, maka tempelkanlah pada perut yang sakit. Dan biarkan untuk beberapa menit… Semoga cepat sembuh ya…

2.            Kalimaok.
Kalimaok adalah rumput yang tumbuh disekitar halaman rumah berwarna hijau dan mempunyai daun berbulu halus warna putih. Kalimaok juga berkhasiat untuk membuang masuk angin. Untuk mengobati masuk angin yang digunakan adalah daunnya. Ambil 5-10 daun kalimaok, kemudian dipipis atau ditumbuk halus, bisa juga ditempelkan pada perut sebagai obat luar. Jika untuk obat dalam, maka peraslah air yang ada pada pipisan daun kalimaok tersebut, kemudian ditambah air secukupnya, kira-ira ½ gelas jamu. Beri sedikit garam (secukupnya) setelah itu langsung glek (minum).

Namun jika tahan ya dengan rasanya yang khas, (maong) payau. Karena takut juga, jika anda tidak tahan dengan bau dan rasanya, nanti anda bisa muntah, jadi percuma donk berobatnya. Selamat mencoba… semoga cepat sembuh….

3.            Igkodok.
Ingkodok adalah tanaman perdu yang tumbuh dikebun. Ingkodok bisa tumbuh tinggi hingga 5 meter. Buah ingkodok ini disebut dengan nama “buah ta’kang” rasanya manis dan berwarna blueberry. Untuk mengobati masuk angin menggunakan pohon ingkodok ini adalah dengan daunnya. Daunnya dipipis atau ditumbuk sekitar 5-10 lembar, setelah lumat bisa digunakan sebagai obat luar, bisa juga sebagai obat dalam. Seperti daun kalimaok di atas.

4.            Taek angin.
Taek angin adalah salah satu rempah yang digunakan untuk masuk angin. Taek angina ini berasal dari Jawa yang dijual di toko-toko obat singsang (sinsie).

5.            Bawang merah.
Bawang merah dapat tumbuh pada lahan yang gambut dengan tanah yang subur. Bawang merah juga dapat ditanam di dalam pot. Bawang merah juga dapat mengobati masuk angina, jika ingin mengobati masuk angina dengan bawang merah sebagai berikut:
a.       ambil 5 (siung) buah bawang merah, kemudian dibambam (baker) dipanas bara api hingga lebam.
b.      Kemudian bawang merah tersebut dapat dimakan begitu saja layaknya makan buah.

Itulah lima tanaman obat untuk masuk angin, dan banyak lagi tanaman obat untuk masuk angin yang tidak dapat penulis sajikan kehadapan pemirsa. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kita semua.
Share To:

ANTS EDUCATION

Post A Comment:

0 comments so far,add yours