Senin, 04 Mei 2015

Sebentar lagi Puasa Ramadhan, apa yang harus dilakukan?



Puasa pada bulan Ramadhan sebentar lagi akan tiba, semua umat muslim diseluruh dunia sudah siap-siap untuk menanti datangnya bulan yang penuh berkah ini. Semua keperluan pada bulan Ramadhan akan dipersiapkan, agar pada bulan Ramadhan berjalan dengan lancar dan aman tanpa ada gangguan sedikitpu. Marhaban Ya Ramadhan... Marhaban Ya Ramadhan .... Marhaban Ya Ramadhan....

Apa saja yang harus kita lakukan menjelang Ramadhan ini? Yang harus kita lakukan menjelang bulan Ramadhan ini adalah sebagai berikut:

  1. bersihkan jasmani, dengan cara mandi wajib. Mandi wajib dari hadas besar ataupun dari hadas kecil. Mandi wajib haruslah menggunakan kasai langger atau dengan kata lain mandi kembang. Kasai langger adalah beras yang dipipis diberi sedikit kunyit, bunga kenanga, (jika ada), pucuk daun pandan (biar wangi), dan goresan kayu langgir.

  1. bersihkan rohani. Untuk membersihkan rohani, kita harus istirfar sebanyak-banyaknya, serta kita harus bersabar jika mendapat ujian dari Allah SWT.

  1. kerja, cari uang yang banyak. Dengan mencari uang yang banyak, bisa buat belanja satu bulan puasa dan persediaan untuk menyambut hari raya Idulfitri 1434 H. jangan lupa, sedekah yang banyak yaaa...

  1. siapkan beli barang-barang keperluan dapur untuk 1 bulan. Setelah membeli keperluan dapur untuk satu bulan, maka istri kita akan menjadi tenang, karena segala kebutuhan daprnya sudah terpenuhi. Jadi ketika mau berbuka puasa, semuanya sudah siap dan lengkap.

  1. beli baju muslim atau mukena untuk sholat berjamaah. Jika baju muslim kita pada tahun lalu sudah jelek, kusam ataupun sobek, dan jika ada kelebihan uang,maka belilah yang baru. Dan pula jika tidak ada uang, jangan dipaksakan, pakai saja yang lama, jika koyak atau sobek, maka jahitlah sendiri. Karena ketika dalam sholat Isya, Tarawih, dan Witir, Allah tidak memandang bagus atau jeleknya pakaian sholat tersebut, akan tetapi ke khususkan dan keihlasannya. Namun, jika ada kelebihan uang, maka hendaknyalah memakai yang baru dan wewangi-wangian.  

  1. beli Al-Qur’an baru buat tadarusan bersama jamaah yang lainnya. Jika Al-Quran kita tidak ada, maka belilah yang harga murah, sekitar Rp. 15.000, 00 s.d Rp. 50.000,00. dan jika masih ada yang dapat untuk dipakai, meskipun jelek... maka pakai atau gunakanlah Al-Quran tersebut dengan sebaik mungkin.

2 komentar:

  1. Makasih dan Selamat menunaikan ibadah puasa, semoga amal ibadah kita diterima oleh Allah SWT.

    BalasHapus
  2. amin, sama-sama, semoga amal kita diterima oleh-Nya

    BalasHapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...