Google Tidak Setuju Geratak Sabbo Dirobohkan!!! - Cakra Wawasan
News Update :
Klik Salah satu Link, untuk menutup BANNER ini...
Home » » Tidak Setuju Geratak Sabbo Dirobohkan!!!

Tidak Setuju Geratak Sabbo Dirobohkan!!!

Penulis : ANTS EDUCATION on Kamis, 25 Juli 2013 | 05.42



Kita semua tahu, bahwa jembatan atau geratak sabbok adalah khazanah kerajaan sambas yang masih tersisa selain istana dan makam-makan kesultanan sambas. Dengan bergantinya hari menjadi minggu, minggu berganti bulan, bulan berganti tahun, tahun berganti abad, kini Gerattak sabbok sudah semakin tua. Mungkin dengan semakin tuanya gerattak sabbo' itulah pemerintah daerah kabupaten sambas akan merobohkan gerattak sabbok tersebut. Kondisi gerattak sabbo' mungkin dilihat sangat membahayakan bagi para pengguna jalan, baik berjalan kaki atau sepeda motor. Karena besi yang menjadi pengunci papan atau lantai jembatan sudah mulai tanggal.

namun, bagi saya jika dirobohkan dan diganti dengan proyek beton, itu bukan solusi yang tepat. Jika dirobohkan, maka kita akan kehilangan khazanah atau aset budaya kerajaan sambas. Roh para leluhur akan murka dan marah jika kita merusak khazanah yang ada. Coba kita lestarikan, kita jaga, dirawat dengan baik. Jika membahayakan bagi pengguna jalan, maka perbaikilah, jika tidak layak untuk digunakan, jangan lagi digunakan sebagai akses tranfortasi, akan tetapi sebagai aset warisan leluhur yang harus dijaga kelestariannya.

Saya punya ide atau gagasan, jika setuju, buat jembatan proyek beton (duplikat gerattak sabbok, sebagaimana bistek proyek) akan tetapi tidak merobohkan gerattak sabbok (jembatan) tersebut. Buatlah jembatan duplikat (proyek baru) disamping jembatan sabbok, sebagaimana jembatan batu peninggalan belanda di sebangkau. Jadi jembatan sabbok tetap terjaga dan dilestarikan (direhab atau renovasi). Gerattak sabbok tidak boleh dijalani dengan sepeda motor, hanya untuk pejalan kaki saja (sebagai sarana untuk santai) menjaga situs sejarah kesultanan sambas. Karena kita sudah ada jembatan baru disampingnya.

Biar bagaimanapun saya tidak setuju jika gerattak sabbok dirobohkan. Jika dirobohkan “gerattak sabbok” akan tinggal nama. “gerattak sabbok tinggal namanya”. Kalau tidak saya (kita), siapa lagi yang akan peduli. Apakah selama ini tidak kita pikirkan, sudah berapa banyak peninggalan kesultanan sambas yang telah terjual keneeri jiran (malaysia atau brunai darussalam). Klik di sini “Bupati, Tolong Hentikan Proyek Jembatan Sabbok”. Dan klik di sini “Sambas Bumi Terigas Kebanjiran Geratak (Jembatan) Sabbok Bepatahan”.
Protected by Copyscape Web Plagiarism Checker
thumbnail Title: Tidak Setuju Geratak Sabbo Dirobohkan!!!
Posted by:ANTS EDUCATION
Published :2013-07-25T05:42:00-07:00
Rating: 4.5
Reviewer: 7 Reviews
Tidak Setuju Geratak Sabbo Dirobohkan!!!
Agar Lebih Bermanfaat, Ayo Bagikan / Share artikel ini di Sosial Media anda.... :

Daftar Judul Yang Berkaitan Dengan Artikel di Atas...

Comments
0 Comments

Poskan Komentar

 
Company Info | Contact Us | Privacy policy | Term of use | Widget | Advertise with Us | Site map
Copyright © 2011. Cakra Wawasan . All Rights Reserved.
Design Template by panjz-online | Support by creating website | Powered by Blogger